Perkebunan Sawit di Kalbar Diminta Ikut Cegah Kebakaran Hutan dan Lahan

Antara ยท Rabu, 22 Juli 2020 - 15:20 WIB
Perkebunan Sawit di Kalbar Diminta Ikut Cegah Kebakaran Hutan dan Lahan
TNI dan Polri padamkan kebakaran lahan di Putussibau Selatan, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. (Antara/Ist)

PONTIANAK, iNews.id - Polisi meminta perusahaan sawit yang beroperasi di Kalimantan Barat (Kalbar) ikut mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Perusahaan sawit diminta tidak membuka lahan dengan cara membakar.

"Kami berharap dan mengingatkan kepada seluruh perusahaan dan pekerja perkebunan sawit bahwa masalah karhutla ini merupakan tanggung jawab bersama," kata Kapolda Kalbar, Irjen R Sigid Tri Hardjanto di Pontianak, Rabu (22/7/2020).

Dia mengatakan, total ada 200 perusahaan sawit yang beroperasi di Kalbar. Dari jumlah itu, sebanyak 69 perusahaan merupakan anggota Gabungan Perusahaan Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI).

Menurutnya, Polda Kalbar telah berkoordinasi dengan GAPKI untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan di Kalbar.

Sebab meski Polda Kalbar saat ini juga disibukkan dengan penanganan wabah Covid-19, namun pencegahan terhadap arhutla juga menjadi prioritas karena sebentar lagi akan memasuki musim kemarau.

"Kami berharap pada tahun ini kasus karhutla bisa dicegah secara bersama-sama," ujarnya.

Dia menuturkan, kepolisian tidak akan segan memberi peringatan kepada korporasi yang terindikasi melakukan pembakaran lahan. Polisi akan memberikan sanksi hukum ytegas jika ada korporasi melakukan pembukaan lahan dengan cara membakar.

Polda Kalbar juga telah meluncurkan aplikasi Lancang Kuning untuk membantu Pemerintah Provinsi Kalbar dalam memonitor lokasi terjadinya Karhutla.

Aplikasi lancang kuning ini berawal dari inisiasi Polda Riau yang kemudian dikembangkan ke provinsi yang memiliki potensi tinggi terhadap Karhutla seperti Kalbar.

"Dalam sistem aplikasi ini menunjukan peta Kalbar, yang nantinya bisa memantau hotspot berdasarkan titik koordinat. Dan terintegrasi dengan lokasi seluruh anggota agar bisa melakukan langkah pencegahan Karhutla tersebut," ujar Karo Ops Polda Kalbar, Kombes Jayadi.


Editor : Reza Yunanto