Pilot dan Penumpang Susi Air Disandera KKB di Papua, Bebas Setelah Negosiasi

Chanry Andrew Suripatty ยท Sabtu, 13 Maret 2021 - 11:57:00 WIB
Pilot dan Penumpang Susi Air Disandera KKB di Papua, Bebas Setelah Negosiasi
KKB saat menyandera pliot Susi Air dan tiga penumpang. (Foto: iNews/Chanry Andrew Suripatty)

JAYAPURA, iNews.id - Insiden penyanderaan dialami pilot dan tiga penumpang Susi Air di Lapangan Terbang Wangbe Kabupaten Puncak, Papua, Jumat (12/3/2021). Pelaku penyanderaan yakni Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Setelah negosiasi, KKB melepas sandera untuk melanjutkan penerbangan ke Timika.

Penyanderaan itu diceritakan Kapten Ian John Terrence Hellyer yang menjadi pilot pesawat itu. Penyanderaan berlangsung selama dua jam. Ada 30 orang yang menyandera mereka pada pukul 06.20 WIT. 

"Dua di antara puluhan orang tersebut membawa senjata api laras panjang," kata Ian saat dikonfirmasi, Sabtu (13/3/2021).

Selain Ian, ada tiga orang lagi yang disandera KKB. Mereka merupakan warga asli Papua atas nama Ricky Dolame, Arikala Dolame dan Arike Wandikbo.

Namun mereka tidak mengalami kekerasan selama penyanderaan ini. Meski begitu Ian mengaku khawatir, karena sempat ditodong senjata api.

Mereka hanya berpesan agar Ian tidak membawa aparat TNI-Polri dalam penerbangan ke wilayah Puncak Papua. Mereka juga mengeluhkan kekecewaannya karena kepala kampung enggan mengelontorkan dana desa untuk komplotan tersebut.

KKB menyandera pesawat jenis Pilatus dengan nomor PC-6 S1-9364 PK BVY milik PT Asi Pudjiastuti Aviation. Namun usai negosiasi, pesawat, pilot dan para penumpang diizinkan kembali lepas landas menuju Timika.

Editor : Reza Yunanto