Platinum Arwana Jadi Ikan Hias Termahal di Dunia, Kenapa?

Inas Rifqia Lainufar · Jumat, 30 September 2022 - 19:30:00 WIB
Platinum Arwana Jadi Ikan Hias Termahal di Dunia, Kenapa?
Platinum arwana, ikan hias termahal di dunia (Foto: Aquatic)

JAKARTA, iNews.id - Bagi penggemar ikan hias, ikan Platinum Arwana tentu sudah tidak asing lagi. Ikan hias ini begitu langka, sehingga tidak sembarang orang memilikinya.

Kelangkaan ikan Platinum Arwana ini disebabkan karena harganya yang sangat fantastis. Meskipun demikian, ikan ini memiliki banyak kelebihan yang tak dimiliki ikan arwana jenis lain.

Lantas, mengapa harga jual ikan Platinum Arwana terbilang sangat tinggi? Simak alasannya berikut ini.

Sekilas tentang ikan Platinum Arwana

Arwana berasal dari keluarga Osteoglosdidae yang sudah ada sejak era Mesozoikum. Ikan air tawar ini tak hanya dari satu marga atau genus, tetapi dua genus, yakni genus Osteoglossum dan Sclepopages.

Arwana banyak tersebar di Amerika Selatan, Afrika, Asia, hingga Australia. Namun di perairan Indonesia, ikan arwana Kalimantan dan ikan arwana Irian lah yang banyak ditemukan.

Terdapat 10 jenis ikan arwana yang dibanderol dengan harga fantastis. Ikan-ikan tersebut adalah Arwana Super Red, Arwana Golden, Arwana Golden Red, Arwana Hijau, Arwana Banjar, Arwana Irian, Arapaima, Arwana African, Arwana Black, dan Arwana silver.

Selain itu, terdapat ikan arwana lain yang menduduki posisi pertama sebagai jenis ikan arwana paling mahal. Ikan tersebut adalah Platinum Arwana yang dibanderol dengan harga USD400 ribu sampai USD430 ribu atau setara dengan Rp6 miliar sampai Rp6,5 miliar per ekor.

Mengapa ikan Platinum Arwana dibanderol dengan harga yang fantastis?

Platinum Arwana memiliki ukuran yang cukup besar yang panjangnya mencapai 3 kaki atau 91,44 cm. Ikan yang banyak ditemukan di Amerika Selatan ini juga memiliki kemampuan berburu yang sangat mumpuni.

Selain itu, tampilan dari ikan ini sangat cantik hingga membuat siapapun merasa takjub. Ikan Platinum Arwana memiliki sisik berwarna putih mengkilat dengan permukaan yang sangat halus. 

Namun karena warna tersebut, Platinum Arwana seringkali disebut ikan Arwana Silver. Penggemar ikan arwana yang masih awam biasanya akan kesulitan membedakan keduanya.

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: