Polair Polda Kalbar Amankan Ribuan Kayu Ilegal, Satu Tersangka Ditangkap

Antara ยท Jumat, 09 Oktober 2020 - 17:08:00 WIB
Polair Polda Kalbar Amankan Ribuan Kayu Ilegal, Satu Tersangka Ditangkap
Dit Polair Polda Kalbar mengamankan kapal motor pengangkut kayu ilegal di Sungai Kapuas, Kamis (8/10/2020) malam. (Ist/Antara)

PONTIANAK, iNews.id - Direktorat Polair Polda Kalbar mengamankan ribuan batang kayu ilegal yang diangkut dengan kapal motor (KM) di perairan Sungai Kapuas di Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. Seorang tersangka diamankan dalam penindakan itu.

"Kami mengamankan satu tersangka berinisial SAM (38) warga Adisucipto, Kabupaten Kubu Raya," kata Kasubdit Penegakan Hukum, Dit Polair Polda Kalbar, Kompol Muhammad Husni Ramli di Pontianak, Jumat (9/10/2020).

Dia mengatakan, penangkapan itu terjadi pada Kamis (8/10/2020) malam dekat Dermaga Gang Limbung di Kecamatan Suin Raya.

Dari hasil pemeriksaan, ribuan batang kayu yang disita tidak memiliki Surat Keterangan Sah Hasil Hutan (SKHH). Ribuan batang kayu tersebut merupakan kayu olahan campuran berbagai jenis.

Menurutnya, pengungkapan kasus ini berdasarkan laporan dari masyarakat yang mencurigai adanya aktivitas pengangkutan kayu olahan ilegal di Sungai Kapuas.

"Dari laporan itu ternyata benar ada KM bermuatan kayu olahan ilegal dari Terentang tujuan Sui Raya," ujarnya.

Tersangka saat ini diamankan di Polda Kalbar. Menurutnya tersangka akan dijerat Pasal 83 ayat (1) huruf b, Jo Pasal 12 huruf e Undang Undang RI No. 18 tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan.

Dia mengingatkan kepada masyarakat agar tidak terlibat dalam aktivitas penyelundupan kayu ilegal ini.

"Siapa saja yang melakukan aktivitas ilegal itu, maka akan diproses sesuai dengan UU yang berlaku," ujarnya.

Editor : Reza Yunanto