Polisi Tetapkan 3 Tersangka Korupsi Pembangunan MTs Ma'arif NU Kapuas Hulu, Kerugian Rp2,7 M

Antara · Senin, 30 Agustus 2021 - 13:55:00 WIB
Polisi Tetapkan 3 Tersangka Korupsi Pembangunan MTs Ma'arif NU Kapuas Hulu, Kerugian Rp2,7 M
Polres Kapuas Hulu menetapkan tiga tersangka dugaaan pembangunan MTs Maarif NU Kapuas Hulu. (Foto: Ilustrasi/Ist)

KAPUAS HULU, iNews.id - Polisi menetapkan tiga tersangka dugaan korupsi dana hibah pembangunan Madrasah Tsanawiyah (MTs) Maarif Nahdlatul Ulama (NU) di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Kerugian negara ditaksir mencapai Rp2,7 miliar.

"Dari hasil pemeriksaan keterangan saksi dan barang bukti kami menetapkan tiga orang tersangka berinisial DA, AB, dan IDP," kata Kasat Reskrim Polres Kapuas Hulu, Iptu Imam Reza di Putussibau, Senin (30/8/2021).
 
Imam mengatakan pembangunan MTs Ma'arif NU tersebut bersumber dari APBD Provinsi Kalimantan Barat Tahun Anggaran 2018. Anggaran yang digelontorkan sebesar Rp6 miliar dan  disalurkan melalui rekening atas nama Lembaga Pendidikan Maarif NU Kapuas Hulu.

Tersangka DA merupakan pimpinan Lembaga Pendidikan Ma'arif NU Kapuas Hulu. Dia yang melakukan pencairan dana dalam dua tahap. Tahap pertama disalurkan pada 1 Maret 2018 sebesar Rp4 miliar dan tahap kedua 21 Juni 2018 sebesar Rp2 miliar.

Dari penyidikan, tersangka DA menyerahkan Rincian Anggaran Biaya (RAB) senilai Rp3,6 miliar yang dibuat oleh tersangka AB dan tersangka IDP. RAB itu diserahkan kepada AJ sebagai pelaksana pekerjaan, tanpa memberitahukan RAB yang sebenarnya kepada pelaksana.
 
"Jadi saat pencairan tahap pertama, tersangka juga tidak melalui prosedur dengan mencantumkan dua spesimen tanda tangan pengurus lembaga," ujar Imam.

Editor : Reza Yunanto

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: