Pontianak Gelar Penyuntikan Vaksin Covid-19 Besok, Prioritas Tenaga Kesehatan

Antara ยท Rabu, 13 Januari 2021 - 12:40:00 WIB
Pontianak Gelar Penyuntikan Vaksin Covid-19 Besok, Prioritas Tenaga Kesehatan
Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak Sidiq Handanu. (Foto: Istimewa)

PONTIANAK, iNews.id - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pontianak, Kalimantan Barat akan menggelar vaksinasi Covid-19 pada Kamis (14/1/2021) besok. Vaksin buatan Sinovac tersebut diberikan pertama kali untuk tenaga kesehatan (nakes).

"Untuk tahap pertama sesuai arahan dari pemerintah pusat, vaksinasi kami prioritaskan bagi nakes dan petugas lapangan lain yang ada di Kota Pontianak," kata Kepala Dinkes Kota Pontianak Sidiq Handanu, Rabu (13/1/2021).

Dia mengatakan, Dinkes Pontianak telah menerima 10.400 dosis vaksin. Nakes di Pontianak yang terfdaftar sebagai penerima vaksin sebanyak 5.500 orang.

Kendati demikian tak semua tenaga kesehatan akan menerima vaksin. Akan ada proses pemilahan untuk menentukan yang tidak bisa mendapat vaksin. Salah satunya yang sudah pernah terpapar Covid-19.

"Nantinya tidak semuanya bisa dilakukan vaksinasi, karena bagi yang sudah terpapar belum bisa divaksin," ujarnya.

Dia mengatakan, setelah vaksinasi kepada tenaga kesehatan selesai, berikutnya yaitu petugas yang berhubungan dengan banyak orang seperti TNI, Polri, aparatur sipil negara (ASN) dan pekerja bidang lain yang berhubungan langsung dengan masyarakat.

"Setelah itu baru dilanjutkan bagi masyarakat umum," katanya.

Editor : Reza Yunanto