Pria di Kalbar yang Foto dengan Pasien Positif Covid-19 Akan Dites Swab

Antara ยท Sabtu, 05 September 2020 - 16:34 WIB
Pria di Kalbar yang Foto dengan Pasien Positif Covid-19 Akan Dites Swab
Rinto, warga Kapuas Hulu, Kalimantan Barat yang nekad berfoto bersama pasien positif Covid-19. (Ist/Antara)

PONTIANAK, iNews.id - Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat akan melakukan tes swab terhadap Rinto, pria yang viral karena berfoto dengan pasien positif Covid-19. Hal itu dilakukan untuk memastikan apakah Rinto tertular virus corona setelah kontak langsung dengan pasien positif.

"Yang bersangkutan akan diambil sampel swab untuk memastikan apakah setelah kontak langsung dengan pasien positif, yang bersangkutan tidak terjangkit Covid-19," ujar Ketua harian Gugus Tugas Covid-19 Kapuas Hulu, Mohd Zaini di Putussibau, Sabtu (5/9/2020).

Zaini mengatakan, rencana tes swab itu telah dikoordinasikan dengan dinas kesehatan Kapuas Hulu dan petugas kesehatan di Kecamatan Badau. Rinto diketahui merupakan warga Badau yang berada di perbatasan Indonesia dengan Malaysia.

Zaini menyayangkan aksi nekat Rinto berfoto dengan pasien positif Covid-19 tanpa memerhatikan protokol kesehatan. Menurutnya, wabah Covid-19 telah diakui bukan hanya di Indonesia saja, tapi juga oleh masyarakat di dunia.

"Nasional dan internasional sudah menyatakan fakta adanya virus Covid-19. Dokter saja bisa meninggal karena ini," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, seorang warga Kecamatan Badau bernama Rinto nekat berfoto dengan pasien positif Covid-19. Dia mengaku aksinya itu lantaran tak percaya dengan wabah virus corona (Covid-19).

Selain itu, Rinto juga iba dengan nasib pasien positi yang yang dikucilkan warga bahkan sempat mau dihukum adat sebesar Rp4 juta karena dianggap mengotori nama Badau.

"Saya tidak mau itu terjadi dan saya buktikan yang dianggap positif baik-baik saja. Makanya saya datangi rumah mereka foto bersama dan ngobrol sama mereka," tuturnya.


Editor : Reza Yunanto