Propam Polda Kalbar Gelar Razia, Polisi Tak Pakai Masker Disanksi Push Up

Gusti Eddy ยท Selasa, 18 Agustus 2020 - 16:04:00 WIB
Propam Polda Kalbar Gelar Razia, Polisi Tak Pakai Masker Disanksi Push Up
Propam Polda Kalbar menggelar razia penerapan protokol kesehatan, Selasa (18/8/2020). (iNews.id/Gusti Eddy)

PONTIANAK, iNews.id - Polda Kalimantan Barat (Kalbar) memperketat pelaksanaan protokol kesehatan di lingkungan kerja kepolisian. Personel yang kedapatan tidak memakai masker dikenakan sanksi langsung di tempat.

"Setiap harinya Propam melakukan patroli ke ruangan kerja dan melakukan razia masker kepada personel. Personel yang tidak menggunakan masker diberikan tindakan disiplin," ujar Kabid Humas Polda Kalbar, Kombes Donny Charles Go di Pontianak, Selasa (18/8/2020).

Dia mengatakan, razia Propam juga digelar hingga di sentra pelayanan kepolisian terpadu (SPKT). Selain mengawasi disiplin anggota menerapkan protokol kesehatan, Propam juga mengawasi masyarakat yang kedapatan tidak memakai masker dan menjaga jarak saat mengantre untuk mendapat layanan.

Menurutnya, saat ini Polda Kalbar memang memperketat penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus corona di lingkungan kepolisian.

Salah satunya yakni menerapkan akses satu pintu masuk sehingga memudahkan pengawasan anggota melalui pemeriksaan suhu tubuh.

Terpisah, Kasubdit Provos Propam Polda Kalbar, Kompol Sunaryo mengatakan, razia yang dilakukan pada hari ini memang mendapatkan beberapa anggota yang tidak disiplin menjalankan protokol kesehatan.

Namun secara keseluruhan anggota kepolisian telah disiplin menerapkan protokol kesehatan. Umumnya mereka yang melanggar itu tidak menggunakan masker.

"Dari hasil pelaksanaan memang masih ditemukan satu dan dua personel yang melanggar dan langsung diberikan peringatan dan tindakan," ujarnya.

Editor : Reza Yunanto