Ratusan WNI Dideportasi dari Malaysia, Tersangkut Imigrasi hingga Kriminal

Antara · Kamis, 18 Februari 2021 - 11:52:00 WIB
Ratusan WNI Dideportasi dari Malaysia, Tersangkut Imigrasi hingga Kriminal
Pemulangan ratusan WNI di PLBN Entikong. (Foto: KJRI Kuching)

PONTIANAK, iNews.id - Pemerintah Malaysia kembali mendeportasi 160 warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi pekerja migran Indonesia (PMI). Deportasi dilakukan melalui Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat (Kalbar).

"Hari ini pemerintah Malaysia memulangkan sebanyak 160 PMI. Sebanyak 77 orang berasal dari Kalbar, dan 83 orang lainnya dari luar Kalbar," kata Kepala Seksi Perlindungan dan Pemberdayaan BP3TKI Pontianak, Andi Kusuma Irfandi, Kamis (18/2/2021).

Menurutnya, ratusan pekerja migran yang dipulangkan ini tersandung berbagai kasus. Mulai dari keimigrasian hingga kriminal.

Masalah imigrasi yang menyandung para pekerja migran misalnya tidak memiliki paspor yaitu 87 orang, dan tidak memiliki permit (izin kerja) 56 orang.

Sedangkan untuk kasus kriminal di antaranya judi online dua orang, narkoba enam orang, dan empat orang karena kasus kriminal lain.

Dari seluruh yang dideportasi itu didominasi oleh laki-laki yakni 131 orang, dan perempuan 29 orang. 

Dia menambahkan, pemulangan para PMI itu melalui prosedur pemeriksaan protokol kesehatan. Untuk PMI yang berasal dari luar Kalbar setelah tiba di Entikong akan langsung dipulangkan ke daerah asal masing-masing. 

"Untuk PMI yang berasal dari luar Kalbar secepatnya akan dipulangkan ke daerah masing-masing yang tentunya tetap menerapkan protokol kesehatan," katanya.

Editor : Reza Yunanto