Ribuan Amunisi dan Senpi Peninggalan Operasi PGRS/Paraku Ditemukan di Landak

Antara ยท Jumat, 19 Februari 2021 - 15:16:00 WIB
Ribuan Amunisi dan Senpi Peninggalan Operasi PGRS/Paraku Ditemukan di Landak
Personel TNI dan Polri mengevakuasi ribuan amunisi dan senjata api sisa Operasi Penumpasan PGRS/Paraku di Desa Tengon, Landak, Kalbar. (Foto: Istimewa)

LANDAK, iNews.id - Ribuan amunisi dan delapan pucuk senjata api ditemukan di Desa Tengon, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat. Amunisi dan senpi tersebut peninggalan operasi penumpasan Pasukan Gerilya Rakyat Sarawak (PGRS) dan Pasukan Rakyat Kalimantan Utara (Paraku).

"Kami ucapkan terima kasih kepada masyarakat Desa Tengon yang sudah melakukan langkah terbaik memberikan informasi kepada kami di kecamatan," kata Camat Air Besar, Mohammad Ivan Zulfisani, Jumat (19/2/2021).

Dia mengatakan, ribuan amunisi dan senpi tersebut langsung diamankan personel gabungan TNI dan Polri ke Koramil Air Besar. Selanjutnya, warga Desa Tengon diminta menginformasikan kembali bila menemukan hal yang sama. 

"Senjata dan amunisi yang dievakuasi yakni 185 amunisi senjata laras panjang, 1.098 amunisi laras pendek, 8 senpi laras panjang, 20 mortir, 18 granat, dan 1 TNT," tuturnya.

Kepada warga di Kecamatan Air Besar, dia meminta agar tetap memberikan informasi kepada pihak kecamatan apabila menemukan kembali senjata dan amunisi sisa-sisa dari Operasi penumpasan PGRS/Paraku.

"Karena wilayah ini merupakan tempat bersejarah bagi Indonesia dalam penumpasan PGRS/Paraku. Jika ada masyarakat menemukan lagi, kami minta segera melapor," katanya.

Editor : Reza Yunanto