Ribuan Telur Penyu dari Tambelan Diselundupkan ke Pontianak, Pelakunya ABK

Antara ยท Rabu, 01 Juli 2020 - 10:27 WIB
Ribuan Telur Penyu dari Tambelan Diselundupkan ke Pontianak, Pelakunya ABK
Polda Kalbar menggagalkan penyelundupan ribuan telur penyu di Pelabuhan Dwikora, Pontianak, Selasa (30/6/2020). (Antara/Ist)

PONTIANAK, iNews.id - Polisi mengungkap penyelundupan ribuan telur penyu hijau di Pelabuhan Dwikora, Pontianak, Kalimantan Barat. Pelakunya seorang anak buah kapal (ABK) yang membawa telur penyu hijau dari Tambelan, Kepulauan Riau.

"Kami mendapat informasi dari masyarakat bahwa salah satu ABK KM Sabuk Nusantara 80 membawa telur penyu dari Tambelan Kepulauan Riau yang berangkat dari Tambelan tujuan Pontianak," ujar Direktur Polairud Polda Kalbar, Kombes Benyamin Sapta di Pontianak, Selasa (30/6/2020).

Dia mengatakan, berdasarkan informasi itu petugas Polairud lalu bergerak memeriksa KM Sabuk Nusantara 80 yang bersandar di Pelabuhan Dwikora. Dari pemeriksaan ditemukan 14 dus berisi 9.310 butir telur penyu. Telur penyu tersebut dibawa oleh ABK inisial BR (40).

"Kemudian pelaku dan barang bukti kami amankan ke Ditpolairud Polda Kalbar guna proses selanjutnya," katanya.

Dia menambahkan, BR ini dapat dijerat dengan pasal 40 ayat 2 juncto pasal 21 ayat 2 huruf e UU Nomor 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.

"Pelaku bisa diancam kurungan penjara paling lama lima tahun dan denda paling banyak Rp100 juta," katanya.


Editor : Reza Yunanto