RSUD Sultan Syarif Pontianak Tambah Ruang Isolasi Hadapi Lonjakan Covid-19

Antara · Selasa, 08 Februari 2022 - 08:44:00 WIB
RSUD Sultan Syarif Pontianak Tambah Ruang Isolasi Hadapi Lonjakan Covid-19
RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie menambah ruang isolasi dengan kapasitas 85 tempat tidur menghadapi lonjakan Covid-19 gelombang ketiga. (Foto: Pemkot Pontianak).

PONTIANAK, iNews.id - RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 gelombang ketiga di Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Rumah sakit telah menambah ruang isolasi berkapasitas 85 tempat tidur.

"Antisipasi lonjakan kasus Covid gelombang tiga, kami sudah menyiapkan 85 tempat tidur," kata Dirut RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie, dr Rifka di Pontianak, Senin (7/2/2022) malam.

Menurutnya 85 tempat tidur itu terdiri atas enam bed untuk ICU atau ruang perawatan intensif dan 79 bed untuk isolasi. Persiapan lain adalah menyiapkan stok oksigen. Saat ini stok oksigen di rumah sakit sangat mencukupi.

Selanjutnya menyiapkan dokter spesialis untuk penanganan pasien Covid-19, yakni penyakit dalam, paru, dan jantung. "Totalnya ada 33 dokter spesialis yang dibantu oleh 226 perawat," ujarnya.

RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie saat ini belum menghadapi lonjakan kasus. Hanya ada satu pasien yang dirawat dan dua orang suspek. 

Dia mengingatkan agar masyarakat segera divaksin. Kasus yang terpapar Covid-19 umumnya karena belum menerima vaksin Covid-19.

"Rata-rata yang terpapar Covid-19 yang kami tangani adalah mereka yang belum diberikan vaksin, sehingga saya imbau masyarakat agar segera mendaftar untuk divaksin," katanya.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: