Saat Pandemi Covid-19, Kalbar Surplus Produksi Beras

Antara ยท Sabtu, 17 Oktober 2020 - 09:49 WIB
Saat Pandemi Covid-19, Kalbar Surplus Produksi Beras
Produksi beras di Kalbar mengalami surplus 88.388 ton periode Januari-September 2020. (Foto: Ilustrasi)

PONTIANAK, iNews.id - Situasi pandemi Covid-19 tak menurunkan produksi beras di Kalimantan Barat (Kalbar). Realisasi produksi beras periode Januari-September 2020 mencapai 447.176 ton.

"Bersyukur saat ini dari sisi produksi beras di Kalbar masih surplus," ujar Plh Kepala Dinas Pertanian Kalbar, Dony Saiful Bahri di Pontianak, Jumat (16/10/2020).

Dia menjelaskan, kebutuhan beras di Kalbar saat ini sebesar 396.787 ton. Dibandingkan realisasi produksi beras saat ini, ada surplus sebanyak 88.388 ton.

Kendati demikian, dari 14 kabupaten/kota di Kalbar, ada tujuh daerah yang minus produksi berasnya. Hal tersebut tetap menjadi perhatian pemerintah provinsi agar bisa keluar dari zona minus.

"Terdapat tujuh kabupaten yang minus produksinya. Itu tentu harus menjadi perhatian daerah setempat agar ini bisa maksimal," ujarnya.

Sementara itu tujuh daerah lainnya justru mengalami surplus yang signifikan. Kondisi itu membuat total skala Kalbar masih tetap surplus.

"Daerah surplus dan minus tentu saling mengisi. Secara umum Kalbar masih aman karena surplus meski beberapa daerah masih minus tentu itu menjadi perhatian kita," ujarnya.


Editor : Reza Yunanto