Sah, Perbatasan Indonesia-Malaysia di Kalbar Akan Dijaga Satgas Pamtas Yonif 642/Kapuas

Antara ยท Sabtu, 26 September 2020 - 07:55:00 WIB
Sah, Perbatasan Indonesia-Malaysia di Kalbar Akan Dijaga Satgas Pamtas Yonif 642/Kapuas
Satgas Pamtas Yonif 642/Kapuas yang dipimpin Letkol (Inf) Alim Mustofa menyatakan kesiapannya dalam menjaga kawasan perbatasan darat Indonesia (Kalbar) - Malaysia. (Foto: Antara)

PONTIANAK, iNews.id – Kawasan perbatasan darat Indonesia-Malaysia tepatnya di Kalimantan Barat (Kalbar) akan dijaga oleh Satgas Pamtas Yonif 642/Kapuas. Satgas akan dipimpin langsung oleh Letkol Inf Alim Mustofa.

"Tugas menjaga kawasan perbatasan negara (Indonesia-Malaysia) merupakan suatu kehormatan bagi kami TNI AD," kata Alim Mustofa, Jumat (25/9/2020).

Satgas Pamtas Yonif 642/Kapuas ini untuk menggantikan Satgas Pamtas Yonif Raider 641/Beruang yang dipimpin Letkol Inf Kukuh Suharwiyono di Pos Kotis Gabma Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.

Alim menambahkan, proses serah terima telah dilakukan. Kini secara resmi pihaknya sebagai Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Malaysia sektor barat Provinsi Kalbar.
“Kami akan bertugas selama sembilan bulan ke depan,” katanya.

Dia pun mengucapkan terima kasih kepada Satgas Pamtas Yonif R 641/Bru atas dedikasinya dalam menjaga dan mengamankan kawasan perbatasan. Keberadaan TNI di perbatasan bukan hanya sekadar melaksanakan tugas pokok sebagai penjaga, namun juga turut serta dalam pembangunan wilayah.

“Bersama-sama dengan pihak terkait, kami siap bekerjasama, baik itu pemerintah daerah, Polri, PLBN, dan utamanya penduduk setempat. Agar rasa kecintaan dan nasionalisme kepada NKRI semakin kuat,” katanya.

Dia berharap, kehadiran Satgas Pamtas Yonif 642/Kps dapat diterima oleh seluruh lapisan masyarakat perbatasan. Dia optimis akan memberikan pengabdian yang terbaik sebagai pasukan penjaga perbatasan RI-Malaysia.

Sebelumnya, Letkol Inf Kukuh Suharwiyono selaku Dansatgas lama juga berpesan kepada Satgas Pamtas Yonif 642/Kps selaku pengganti agar menghormati adat istiadat yang berlaku. Selain itu juga menjaga hubungan baik dengan masyarakat sekitar, menjaga sinergitas antarinstansi serta melanjutkan kegiatan yang selama ini telah dilaksanakan Yonif R 641/Bru dalam menjaga kawasan perbatasan.


Editor : Umaya Khusniah