Sejumlah Lokasi di Pontianak Tergenang Banjir, Wali Kota: Air Laut Sedang Pasang

Antara ยท Jumat, 20 November 2020 - 14:34:00 WIB
Sejumlah Lokasi di Pontianak Tergenang Banjir, Wali Kota: Air Laut Sedang Pasang
Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono. (Foto: Antara)

PONTIANAK, iNews.id - Sejumlah lokasi di Pontianak masih tergenang air. Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono memantau langsung lokasi yang tergenang air itu.

Menurut Edi, selain karena hujan yang terus mengguyur sejak Kamis (19/11/2020) sore, genangan air juga dipicu oleh air laut yang pasang.

"Bahkan hari ini air pasang laut mencapai ketinggian maksimal, yaitu 1,7 meter di atas permukaan air normal," kata Edi, Jumat (20/11/2020).

Edi menjelaskan, ada beberapa wilayah rendah di Pontianak yang rutin tergenang air bila terjadi air laut pasang. Wilayah tersebut yakni kawasan Jalan Gajahmada, Purnama, dan Sepakat yang memang wilayahnya rendah.

"Akan menjadi masalah, ketika air pasang tinggi bersamaan terjadi hujan dengan intensitas tinggi, sehingga air menjadi lamban turun atau bahkan tertahan turun karena tingginya air pasang di Sungai Kapuas," ujarnya.

Salah satu solusinya, kata Edi, yakni melancarkan aliran air melalui parit-parit. Sedangkan rumah-rumah warga diimbau kembali kepada kearifan lokal, yakni membangun rumah dengan konsep 'rumah panggung'.

"Minimal membangun rumah dengan ketinggian idealnya sekitar 40 centimeter dari jalan, sehingga tidak mudah terendam air ketika musim penghujan disertai air pasang sungai atau laut," katanya.

Banjir menggenangi sejumlah jalan protokol di Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis (19/11/2020). (Antara)
Banjir masih menggenangi sejumlah jalan protokol di Pontianak, Kalimantan Barat, Jumat (20/11/2020). (Antara)


Editor : Reza Yunanto