Seluruh ASN Pemkot Pontianak Akan Ikut Rapid Test

Antara ยท Rabu, 20 Mei 2020 - 18:45 WIB
Seluruh ASN Pemkot Pontianak Akan Ikut Rapid Test
Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono (Humas Pemkot Pontianak)

PONTIANAK, iNews.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak akan melakukan rapid test terhadap seluruh aparatur sipil negara (ASN). Hal itu dilakukan untuk mendeteksi dini jika ada ASN di lingkungan Pemkot Pontianak yang terpapar virus corona (Covid-19).

"Rapid test ini akan kami lakukan terhadap seluruh ASN di sini," kata Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, Rabu (20/5/2020).

Dia mengatakan, rapid test ini bukan pertama kali. Sebelumnya memang telah ada rapid test di lingkungan Pemkot Pontianak. Namun saat itu hanya diikuti eselon II, camat dan lurah. Kali ini rapid test akan dilakukan terhadap eselon III, IV, dan seluruh staf di lingkungan Pemkot Pontianak.

"Rapid test tersebut dilakukan agar kita bisa memetakan sebaran Covid-19 terutama yang rentan," ujarnnya.

Untuk ASN yang dianggap rentan, Pemkot Pontianak sebelumnya sudah melakukan rapid test terhadap anggota Satpol PP dan Dinas Perhubungan lantaran mereka berinteraksi langsung dengan masyarakat. Dari rapid test, seluruhnya menunjukkan non-reaktif.

Dia memastikan Pemkot Pontianak terus aktif melakukan penelusuran ASN yang sangat rentan tertular Covid-19. Apabila ada ASN hasil rapid test-nya reaktif, maka Pemkot Pontianak akan melakukan upaya protokol kesehatan dengan mengisolasi bersangkutan.

"Kami akan memberikan informasi soal makanan yang cocok untuk kesembuhan, sehingga rapid test-nya non reaktif," katanya.

Kota Pontianak telah ditetapkan sebagai salah satu zona merah penyebaran virus corona karena transmisi lokal di Kalbar. Dua daerah lainnya yaitu Kota Singkawang dan Kabupaten Ketapang.


Editor : Reza Yunanto