Siapkan Rp1,4 Triliun, Gubernur Sutarmidji Ingin Fokus Bangun Infrastruktur Kalbar

Antara ยท Kamis, 08 April 2021 - 08:41:00 WIB
Siapkan Rp1,4 Triliun, Gubernur Sutarmidji Ingin Fokus Bangun Infrastruktur Kalbar
Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji ingin fokus bangun infrastruktur dengan menyiapkan Rp1,4 triliun. (Antara)

PONTIANAK, iNews.id - Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Sutarmidji mengalokasikan anggaran Rp1,4 triliun untuk pembangunan infrastruktur. Pembangunan infrastruktur akan terus berlanjut hingga 2023.

"Untuk tahun ini dianggarkan Rp1,4 triliun dan bahkan bisa lebih," kata Sutarmidji saat membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Kalbar di Pontianak, Rabu (7/4/2021).

Sutarmidji mengatakan dirinya akan fokus pada pembangunan infrastruktur hingga akhir masa jabatannya pada 2023 mendatang.

Menurutnya masih ada infrastruktur yang belum tuntas di Kalbar. Dia mencontohkan pembangunan jalan provinsi masih ada 1.500 kilometer yang  belum terselesaikan. Kemudian ada sekian ratus jembatan yang juga membutuhkan pemeliharaan termasuk membangun yang baru.

"Saya berharap akhir masa jabatan saya, semua itu ter-cover betul minimal 85 persen dengan kondisi baik. Itu riil bukan sekadar data untuk meningkatkan tampilan," ujar mantan Wali Kota Pontianak ini.

Untuk mempercepat hal ini, Sutarmidji ingin semua dinas yang ada fokus pada pencapaian ini. Dinas yang tidak penting hanya untuk operasional saja.

"Berarti ada penghematan cost angkutannya. Kemudian saya minta nanti di perkebunan dan pertambangan juga ikut merawat jalan yang sudah kita bangun dan yang belum kita bangun supaya tetap fungsional," katanya.

Editor : Reza Yunanto