Siswi SMP Melahirkan di Sekolah, Kadisdik: Kurang Pengawasan Selama Belajar Daring

Antara ยท Rabu, 27 Oktober 2021 - 10:55:00 WIB
Siswi SMP Melahirkan di Sekolah, Kadisdik: Kurang Pengawasan Selama Belajar Daring
Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Ketapang Jahilin membenarkan peristiwa siswi SMP melahirkan di toilet sekolah. (Antara)

KETAPANG, iNews.id - Seorang siswi SMP di Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat melahirkan di sekolah. Pembelajaran selama pandemi Covid-19 yang berlangsung secara daring (online) membuat sekolah tidak bisa mengawasi perkembangan siswa.

"Sehingga anak didik tidak begitu terdeteksi oleh guru dan kepala sekolah," ujar Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Ketapang, Jahilin di kantornya, Rabu (27/10/2021).

Dia memaklumi kalau sekolah dan para guru tidak tahu kondisi siswanya. Sebab hampir dua tahun terakhir tidak ada kegiatan belajar di sekolah.

Ketika sekolah kembali dimulai, ternyata ada siswi yang dalam keadaan hamil. Sayangnya siswi tersebut tidak memberitahukan kondisi sebenarnya kepada guru di sekolah.

"Siswi juga tidak lapor ke sekolah sehingga terjadilan melahirkan di WC itu," tuturnya.

Jahilin mengaku prihatin dengan kondisi tersebut. Pembelajaran secara daring membuat guru dan sekolah tidak bisa maksimal mengawasi siswa.

"Semoga kejadian ini jadi pelajaran supaya tidak ada lagi anak putus sekolah karena berbadan dua atau terpaksa kawin," ujarnya.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: