Stok Vaksin Covid di Kalbar Mencukupi, Pemda Diminta Tingkatkan Cakupan Vaksinasi

Antara ยท Senin, 13 September 2021 - 16:52:00 WIB
Stok Vaksin Covid di Kalbar Mencukupi, Pemda Diminta Tingkatkan Cakupan Vaksinasi
Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Barat, Harisson memberikan keterangan di Pontianak. (Antara)

PONTIANAK, iNews.id - Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) memastikan stok vaksin Covid-19 mencukupi. Pemerintah daerah (pemda) kabupaten/kota diminta segera meningkatkan cakupan vaksinasi di wilayah masing-masing.

"Stok vaksin tidak bisa lagi menjadi alasan bagi pemda kabupaten/kota yang cakupan vaksinasinya rendah," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kalbar, Harisson di Pontianak, Senin (13/9/2021).

Harisson mengatakan, kecepatan vaksinasi Covid di kabupaten/kota juga tergantung komitmen kepala daerahnya. Sebab Pemprov Kalbar sudah menjamin ketersediaan vaksin. Pemda yang memutuskan segera menghabiskan atau tidak.

"Tinggal pemdanya dan komitmen kepala daerah. Mau dihabiskan cepat atau tidak? Kalau bupati/wali kota komitmen, pasti semua di bawah bergerak cepat," tuturnya.

Harisson mengatakan, stok vaksin yang dimiliki Kalbar saat ini cukup untuk memvaksin 1,6 juta orang. Pontianak tercatat sebagai daerah dengan cakupan vaksinasi tertinggi yakni 348.738 dosis. Disusul Kabupaten Kubu Raya 136.747 dosis.

"Kayong Utara yang terendah, dengan penggunaan vaksin baru 28.799 dosis," ujarnya.

Editor : Reza Yunanto