Sungai Sekayam Meluap, Permukiman di Sanggau Kalbar Terendam Banjir

Antara ยท Rabu, 27 Oktober 2021 - 15:36:00 WIB
Sungai Sekayam Meluap, Permukiman di Sanggau Kalbar Terendam Banjir
Patroli dan evakuasi warga di Kecamatan Kapuas, Sanggau Kalimantan Barat yang terendam banjir. (Foto: Polres Sanggau)

SANGGAU, iNews.id - Banjir melanda sejumlah kecamatan di Kabupaten Sanggau Kalimantan Barat. Curah hujan yang tinggi membuat Sungai Sekayam di Kecamatan Kapuas meluap dan merendam kawasan dataran rendah.

Dataran rendah di Kecamatan Kapuas yang terendam banjir di antaranya Perumahan Lingkungan Setompak di Kelurahan Sungai Sengkuang. Ketinggian air mencapai 30-50 cm.

Personel gabungan Polres Sanggau dan BPBD Sanggau melakukan patroli untuk mengevakuasi warga yang ingin mengungsi.

"Kami langsung mendatangi tempat terjadinya banjir yang berada di lingkungan Setompak Kelurahan Sungai Sengkuang. Daerah ini merupakan daerah tepian Sungai Sekayam," ujar Kasat Samapta Polres Sanggau AKP Sri Mulyono, Rabu (27/10/2021).

Banjir di Kecamatan Kapuas juga terjadi di beberapa lokasi, seperti di Kelurahan Beringin dengan ketinggian air mencapai kurang lebih 100 cm. Kemudian di Lingkungan Liku Kelurahan Beringin ketinggian air juga mencapai 100 cm.

Selanjutnya di Kelurahan Tanjung Kapuas ketinggian air mencapai 50 cm, pesisir Sungai Sekayam di Kelurahan Tanjung Sekayam ketinggian air mencapai 60 cm dan pesisir Sungai Sekayam di Lingkungan Setompak ketinggian air mencapai 30 hingga 50 cm.

"Kami mengimbau warga untuk mematikan aliran listrik, mengunci rumah, dan mengungsi ke tempat yang lebih aman jika ketinggian air semakin bertambah," katanya.

Menurutnya personel Polres Sanggau juga siap membantu mengangkat barang-barang warga serta mengevakuasi warga yang sedang sakit untuk diamankan ke tempat yang aman.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: