Tempat Hiburan Malam di Pontianak Didenda Rp1 Juta karena Abaikan Protokol Kesehatan

Antara ยท Senin, 07 September 2020 - 14:39 WIB
Tempat Hiburan Malam di Pontianak Didenda Rp1 Juta karena Abaikan Protokol Kesehatan
Tempat hiburan malam di Kota Pontianak didenda Rp1 juta karena abaikan protokol kesehatan (Foto: Antara)

PONTIANAK, iNews.id - Tindakan tegas dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak, Kalimantan Barat terhadap dua tempat hiburan malam (THM) yang mengabaikan protokol kesehatan. Dua THM itu didenda Rp1 juta.

"Kedua pengelola THM tersebut, masing-masing diberikan sanksi denda sebesar Rp1 juta sesuai dengan Peraturan Wali Kota Nomor 58/2020," kata Kepaala Dinas Kesehatan Pemkot Pontianak Sidiq Handanu, Senin (7/9/2020).

Dia menjelaskan, pemberian sanksi denda tersebut diberikan kepada dua pengelola THM dan 17 pengunjung THM tersebut karena tidak menerapkan protokol kesehatan yakni tidak menggunakan masker.

"Kami berharap dengan diberikannya sanksi denda tersebut bisa memberikan efek jera, baik kepada masyarakat maupun pengelola tempat hiburan dan lainnya," katanya.

Dia menambahkan, Pemkot Pontianak dalam menerapkan protokol kesehatan telah menerbitkan Peraturan Wali Kota Nomor 58/2020. Dalam Perwali itu, bagi perorangan yang melanggar kewajiban protokol kesehatan akan dikenakan beberapa sanksi, mulai dari teguran lisan atau tertulis, kerja sosial seperti membersihkan fasilitas umum selama 30 menit hingga denda sebesar Rp200.000.

Sedangkan terhadap pelaku usaha dan transportasi serta pengelola, penyelenggara, dan penanggung jawab kegiatan dikenakan sanksi mulai dari teguran lisan dan tertulis, denda Rp1 juta, penghentian sementara operasional usaha hingga pencabutan izin usaha.


Editor : Reza Yunanto