Titik Panas di Kalbar Meningkat, BMKG Ingatkan Potensi Karhutla hingga 20 Februari

Tim iNews.id · Selasa, 16 Februari 2021 - 15:58:00 WIB
Titik Panas di Kalbar Meningkat, BMKG Ingatkan Potensi Karhutla hingga 20 Februari
Pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) (Foto: Antara)

PONTIANAK, iNews.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kalimantan Barat (Kalbar) menyebut titik panas atau hotspot terpantau bertambah. Hal tersebut membuat potensi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kalbar semakin meningkat. 

"Jumlah titik panas sebagai indikasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kalbar semakin meningkat," dikutip dari akun Instagram @info_bmkg_kalbar, Selasa (16/2/2021).

Titik panas tersebut tersebar di seluruh wilayah di Kalbar. Tidak hanya di Kabupaten Kubu Raya, Ketapang, dan Kota Pontianak. Namun juga meluas ke Kabupaten Kayong Utara, Mempawah dan sekitarnya.

Data pada 15 Februari 2021 mencatat ada 177 titik panas. Terbanyak berada di Kabupaten Kubu Raya yakni 131 titik. Disusul berikutnya di Mempawah 21 titik, Pontianak 12 titik, Kayong Utara 5 titik, Ketapang 4 titik, Landak 3 titik, dan Sambas 1 titik.

Hanya enam wilayah yang tidak memiliki titik panas, yakni Kabupaten Sanggau, Sintang, Kapuas Hulu, Bengkayang, Sekadau, dan Melawi.

"Potensi terjadinya karhutla sangat mudah hingga tanggal 20 Februari 2021," dikutip dari keterangan tersebut.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: