Urai Kemacetan, Kendaraan yang Melintas di Jembatan Kapuas 2 Akan Dibatasi

Antara ยท Jumat, 02 September 2022 - 15:40:00 WIB
Urai Kemacetan, Kendaraan yang Melintas di Jembatan Kapuas 2 Akan Dibatasi
Truk kontainer peti kemas di Jalan Rahadi Oesman, Pontianak. (Foto: iNews)

PONTIANAK, iNews.id - Kendaraan yang melintasi Jembatan Kapuas 2 di Kubu Raya, Kalimantan Barat akan dibatasi. Hal itu dilakukan untuk mengurai kemacetan panjang yang sering terjadi.

"Untuk mengurai kemacetan ini, kami akan memberlakukan pembatasan jam operasional bagi angkutan barang di Jembatan Kapuas 2 Pontianak yang akan dimulai 13 September 2022," kata Kepala Dinas Perhubungan Kubu Raya, Odang Prasetiyo, Jumat (2/9/2022).

Odang menjelaskan berdasarkan hasil rapat evaluasi forum lalu lintas angkutan jalan Provinsi Kalbar, terungkap tren kemacetan di Jembatan Kapuas 2 karena bertambahnya jumlah kendaraan yang tidak diimbangi dengan penambahan ruas jalan.

Selain itu adanya regulasi dari Wali Kota Pontianak yang melarang kendaraan roda enam atau lebih melewati Jembatan Kapuas 1 dan dialihkan ke Jembatan Kapuas 2. 

"Tentunya akan terjadi penumpukan kendaraan di Jembatan Kapuas 2," katanya.

Odang menuturkan, sebelum diberlakukannya pembatasan jam operasional bagi angkutan barang ini, Dishub Kubu Raya menyampaikan sosialisasi kepada pemilik kendaraan dan Organisasi Angkutan Darat (Organda).

"Selain itu, kita juga melakukan sosialisasi di tempat-tempat rawan kemacetan seperti di simpang empat Brimob dan simpang empat desa Kapur dengan membagikan SE Gubernur," katanya.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: