Viral Pulau Bergerak di Kalbar, Sandi: Sangat Menarik untuk Destinasi Wisata

Uun Yuniar ยท Jumat, 05 Agustus 2022 - 18:33:00 WIB
Viral Pulau Bergerak di Kalbar, Sandi: Sangat Menarik untuk Destinasi Wisata
Tanbgkapan layar Pulau Bergerak di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat yang viral di media sosial. (Foto: iNews TV/Uun Yuniar)

KUBU RAYA, iNews.id - Pulau bergerak atau yang dikenal dengan Pulau Begansar dalam bahasa Kapuas Hulu, Kalimantan Barat viral di media sosial dalam beberapa hari terakhir.

Pulau tersebut terletak di Danau Bagut, Dusun Kuala Buin, Desa Entibab, Kecamatan Bunut Hilir, Kabupaten Kapuas Hulu.

Pulau tersebut bergerak di jam-jam tertentu atau ada pada situasi tertentu. Pulau tersebut lebih sering bergerak saat waktu musim air agak banyak atau sedikit banjir.

Menparekraf Sandiaga Uno mengaku telah mengetahui informasi fenomena pulau bergerak di Kapuas Hulu.

Menparekraf Sandiaga Uno saat kunjungan kerja di Kabupaten Kubu Raya. (Foto: iNews TV/Uun Yuniar)
Menparekraf Sandiaga Uno saat kunjungan kerja di Kabupaten Kubu Raya. (Foto: iNews TV/Uun Yuniar)

Sandi mengaku sangat tertarik dengan fenomena alam yakni pulau bergerak dan bisa menjadi destinasi wisata yang menarik.

“Ya, sangat menarik memang terkait dengan keberadaan pulau bergerak ini. Kita (Kemenparekraf) akan melakukan langkah-langkah untuk menjadikan sebagai destinasi wisata,” kata Sandi saat kunjungan kerja ke Kabupaten Kubu Raya, Jumat (5/8/2022).

Sandi mengatakan, Kemenparekraf akan berkoordinasi dengan Disporapar Kalbar terkait pengembangan potensi wisata pulau bergerak tersebut.

“Terkait akses yang jauh dan rusak menuju destinasi wisata pulau bergerak ini, kita segera berkoordinasi tentunya dengan PUPR, lintas kementerian, pemerintah provinsi dan kabupaten agar seluruh destinasi wisata terkoneksi dengan infrastruktur yang baik,” ujarnya.

Menurut Sandi, pulau tersebut sangat menarik karena memiliki cerita yang berkaitan dengan keindahan alam dan keragaman budaya yang ada di Kalbar.

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel: