Pulau Bergerak di Kalimantan Barat, Fenomena Langka Viral di Media Sosial

Reza Rizki Saputra · Jumat, 05 Agustus 2022 - 17:30:00 WIB
Pulau Bergerak di Kalimantan Barat, Fenomena Langka Viral di Media Sosial
Pulau Bergerak di Kalimantan Barat dinamakan Pulau Begansar, berlokasi di Bunut Hilir, Kapuas Hulu. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Terdapat Pulau Bergerak di Kalimantan Barat. Pulau ini berada di Dusun Kuala Buin, Desa Entibab, Kecamatan Bunut Hilir, Kabupaten Kapuas Hulu.

Pulau yang bisa bergerak itu dinamai Pulau Begansar oleh masyarakat setempat. Dalam bahasa Kapuas Hulu, begansar artinya bergerak. Dengan kata lain, Pulau Begansar adalah pulau yang bisa bergerak sendiri.

Simak ulasan lengkap Pulau Bergerak di Kalimantan Barat yang dinamakan Pulau Begansar ini.

Kabupaten Kapuas Hulu merupakan salah satu kabupaten yang berada di ujung wilayah Indonesia bagian timur, serta berbatasan langsung dengan Malaysia. Pulau Begansar memang merupakan salah satu objek wisata yang ada di Kalimantan Barat. Tapi mungkin belum begitu populer di telinga masyarakat Indonesia.

Pulau ini akan bergerak mengikuti arus air sungai pada waktu-waktu tertentu. Berdasarkan laporan, dahulu pulau yang bergerak jumlahnya ada tujuh, namun sekarang hanya tersisa dua pulau saja. 

Lima pulau lainnya kini sudah mati atau tidak bergerak lagi. Tidak diketahui apa penyebabnya, yang jelas dua pulau yang masih aktif ini bisa dinaiki oleh 40 hingga 50 orang layaknya seperti perahu yang sedang berlayar. 

Pulau Begansar memiliki ukuran yang relatif kecil. Namun di atasnya ditumbuhi semak yang lebat serta terdapat sejumlah pohon baik pohon yang berukuran besar maupun yang berukuran kecil. 

Masyarakat sekitar menyebut pulau Begansar biasa bergerak pukul 8 pagi dan kembali ke titik semula pada pukul 3 sore. Tak sedikit juga yang percaya bahwa pulau memiliki ekor dan kepala namun tidak terlihat.

Editor : Reza Yunanto

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: