Wagub Ria Norsan Ingin KPU Terapkan Protokol Kesehatan Ketat di Tahapan Pilkada

Antara ยท Kamis, 18 Juni 2020 - 15:14 WIB
Wagub Ria Norsan Ingin KPU Terapkan Protokol Kesehatan Ketat di Tahapan Pilkada
Wakil Gubernur Kalbar Ria Norsan. (Antara)

PONTIANAK, iNews.id - Wakil Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Ria Norsan mengingatkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk menerapkan protokol kesehatan yang ketat di tiap tahapan Pilkada. Pengawasan ketat perlu dilakukan agar tak ada masyarakat dan penyelenggara yang terjangkit Covid-19.

"Karena situasi Covid-19 saat ini menjadi tantangan untuk disiplin melaksanakan protokol kesehatan pada tiap tahapan Pilkada," ujar Norsan di Pontianak, Kamis (18/6/2020).

Norsan mengatakan, pemerintah siap membantu KPU baik di provinsi maupun daerah untuk menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. KPU diminta bersinergi dengan pemerintah daerah untuk menyiapkan segala kebutuhan teknis untuk penerapan protokol kesehatan.

Menurutnya, tantangan ini sebenarnnya bukan hanya dalam tahapan pilkada saja. Di tengah situasi pandemi Covid-19 seperti saat ini, setiap aktivitas di masyarakat wajib mematuhi protokol kesehatan untuk melindungi diri dan orang lain dari penularan virus corona.

Selain itu, mantan Bupati Mempawah ini juga meminta KPU berkoordinasi dengan Bawaslu dalam mencermati tiap tahapan pilkada agar terhindar dari segala potensi kecurangan.

Dia mengingatkan, pada hasil perhitungan suara kerap merupakan situasi yang rawan menimbulkan konflik karena kerap terjadi kecurangan.

"Maka dari itu pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten perlu mempersiapkan secara cermat dan sungguh-sungguh dalam menginventarisasi permasalahan yang kemungkinan akan timbul, dan harus ditangani pada saat pelaksanaan pilkada," katanya.


Editor : Reza Yunanto