Webinar Leader Talk iNews

Wali Kota Pontianak: Penanganan Kasus Covid-19 Masih Terkendali

Reza Yunanto ยท Kamis, 19 November 2020 - 15:13:00 WIB
Wali Kota Pontianak: Penanganan Kasus Covid-19 Masih Terkendali
Webinar Leader Talk iNews: Kebijakan Pemerintah dalam Antisipasi Zona Merah Pandemi

JAKARTA, iNews.id - Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menyebut penanganan Covid-19 di wilayahnya masih terkendali. Meski sempat berada pada zona merah namun saat ini telah masuk ke zona oranye.

"Perkembangan penanganan Covid-19 di Kota Pontianak saat ini masih bisa terkendali," kata Edi dalam webinar leader talk iNews bertema 'Kebijakan Pemerintah dalam Antisipasi Zona Merah Pandemi', Kamis (19/11/2020).

Edi mengatakan saat ini Covid-19 di Kota Pontianak masuk pada gelombang kedua. Pada saat gelombang pertama, Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak melakukan upaya pembatasan aktivitas masyarakat, seperti melarang makan di tempat, nongkrong di warung kopi, menerapkan work from home (WFH) dan pembelajaran daring (online). Hasilnya, kasus Covid-19 pun berhasil menurun.

"Bahkan sempat masuk zona hijau dengan nol konfirmasi," ujarnya.

Setelah itu, kata Edi, Pemkot Pontianak mulai melakukan relaksasi kehidupan masyarakat. Terutama kehidupan perekonomian yang harus kembali berjalan.

Dampak relaksasi itu, aktivitas masyarakat di Pontianak kembali meningkat dan bertambah banyak. Kondisi itu pada akhirnya juga menaikkan lagi kasus Covid-19 di Pontianak hingga kembali masuk ke zona merah.

"Kita anggap saat ini gelombang kedua karena aktivitas masyarakat yang makin membesar," ujarnya.


Editor : Reza Yunanto