Ilustrasi pemulangan jenazah WNI meninggal di Malaysia melalui Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Aruk. (Foto: KJRI Kuching)
Antara

JAKARTA, iNews.id - Jenazah pekerja migran Indonesia (PMI) yang dua bulan telantar di Rumah Sakit Serian, Sarawak, Malaysia akhirnya dipulangkan ke Indonesia. Pemulangan dilakukan oleh KJRI Kuching ke Desa Balai Karangan di Sanggau, Kalimantan Barat.

Jenazah laki-laki berusia 73 tahun itu ditemukan di sebuah pondok yang tidak digunakan di Simunjan, Sarawak pada 19 Juli 2022. 

KJRI Kuching yang mendapat laporan itu belum mengetahui identitasnya, termasuk majikan yang mempekerjakan korban.

"KJRI Kuching tidak mengetahui dengan siapa dan di mana yang bersangkutan bekerja. Selain itu tidak dapat tidak diketahui teman atau sanak keluarganya yang dapat dihubungi," tutur Konsul Jenderal KJRI Kuching R Sigit Witjaksono, Rabu (28/9/2022).

Dari penelusuran buku Pas Lintas Batas (PLB) yang dikeluarkan Kantor Imigrasi Entikong, korban bernama Edi Wahid dengan alamat di Balai Karangan, Sanggau, Kalimantan Barat.

Saat dikonfirmasi ke Balai Karangan, ternyata korban bukan warganya. Diduga dia adalah pendatang yang diberikan dokumen kependudukan.

Lantaran tak ada keluarga atau ahli waris yang mengenal korban, KJRI Kuching memutuskan untuk mengirim jenazah ke Balai Karangan.

"Keputusan memulangkan jenazah, karena sudah telantar di Rumah Sakit Serian selama dua bulan, dan penelusuran ahli waris di Indonesia mengalami kebuntuan," tutur Sigit.

Setelah diterima aparat desa Balai Karangan, jenazah korban langsung dimakamkan.


Editor : Reza Yunanto

BERITA TERKAIT