Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menyerahkan sepeda kepada Faris dan Daris, Jumat (8/4/2022).
Reza Yunanto

PONTIANAK, iNews.id - Anak kembar Faris dan Daris mencuri perhatian Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono. Dedikasi keduanya yang peduli lingkungan membuat Edi menghadiahkan sepeda kepada dua anak kembar berusia 11 tahun itu.

"Hadiah sepeda tersebut sebagai bentuk apresiasi karena kebiasaan mereka yang tak biasa," ujar Edi dikutip dari lama Pemkot Pontianak, Jumat (8/4/2022) pekan lalu.

Faris dan Daris sejak 2018 menunjukkan kepeduliannya terhadap kebersihan lingkungan. Anak dari pasangan Samsudin dan Siti Rahmah ini diam-diam mengumpulkan sampah untuk dijual ke Bank Sampah Rumput Hias di Jalan Petani Gang Berkat Usaha, Kelurahan Sungai Jawi, Kecamatan Pontianak Kota.

Kepedulian itu membuat keduanya mendapat penghargaan sebagai nasabah cilik Bank Sampah pada perayaan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2022.

Menurut Edi, kepedulian dua anak kembar ini telah berdampak positif pada lingkungan. Dia berharap aksi kedua anak kembar itu bisa ditiru oleh anak-anak lain di Kota Pontianak.

"Yang terpenting anak-anak terbiasa dengan kebersihan. Tidak bisa melihat sampah di matanya," kata Edi.

Siti Rahmah, ibu dari Faris dan Daris mencertiakan, awal mula kebiasaan anak-anaknya itu justru dipicu oleh tetangganya yang mendirikan bank sampah. Tetangga itu mengajak anak-anak di sekitar untuk memilah dan mengolah sampah. 

"Di gang saya banyak anak-anak. Di situlah kami membimbing mereka untuk peduli dengan lingkungan, dengan memilah dan mengolah sampah rumah tangga," tutur Siti yang juga aktif mengelola bank sampah.

Ketekunan Faris dan Daris mengumpulkan sampah dan menyetor ke bank sampah berbuah manis. Dalam sebulan, keduanya yang masih duduk di bangku SD itu menerima Rp50.000.

Bahkan, Siti Rahmah menyebut pernah suatu waktu anaknya mendapat Rp100.000 karena menyetor sampah hingga 33 kilogram dalam sebulan.


Editor : Reza Yunanto

BERITA TERKAIT