Mantan Kepala Bidang Hak Tanah dan Pendaftaran Tanah Kantor BPN Kalbar Siswidodo. (Foto: Antara)
Antara

JAKARTA, iNews.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melelang barang rampasan terpidana gratifikasi dan tindak pidana pencucian uang (TPPU) Siswidodo. Dia adalah mantan pejabat Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kalimantan Barat (Kalbar).

Lelang digelar bekerja sama dengan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) di Surabaya.

"KPK bersama dan melalui KPKNL Surabaya akan melakukan lelang eksekusi barang rampasan di muka umum dengan penawaran secara tertutup tanpa kehadiran peserta lelang," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri di Jakarta, Selasa (9/8/2022).

Ali Fikri menjelaskan, Siswidodo pernah menjadi Kepala Bidang Hak Tanah dan Pendaftaran Tanah BPN Kalbar. Dia telah divonis bersalah oleh Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Surabaya. Majelis hakim menjatuhkan vonis 4 tahun penjara dan telah memiliki kekuatan hukum tetap.

Empat objek yang dilelang KPK adalah tanah dan bangunan di Jalan Gayungan VIII/14 Surabaya seluas 282 meter persegi dengan nilai Rp4,8 miliar. Berikutnya tanah dan bangunan di Jalan Galaksi Klampis Asri Selatan, Kompleks Galaxi Bumi Permai Surabaya seluas 257 meter persegi senilai Rp 4 miliar.

Selanjutnya tanah dan bangunan di Jalan Permata, Mulyorejo, Surabaya seluas 197 meter persegi senilai Rp3,4 miliar. Kemudian tanah dan bangunan di Desa Menur Pumpungan, Sukolilo, Surabaya seluas 288 meter persegi senilai Rp5,2 miliar.

Terakhir unit apartemen di Gunawangsa Merr Apartemen Surabaya dengan luas 17,5 meter persegi di lantai 10 dengan nilai Rp167 juta.

Menurut Ali Fikri, lelang menggunakan metode penawaran melalui www.lelang.go.id

"Batas akhir penawaran pukul 10.35 WIB waktu server (sesuai WIB). Penetapan pemenang lelang setelah batas akhir penawaran," katanya.  


Editor : Reza Yunanto

BERITA TERKAIT