Tempat wisata di Singkawang Kalimantan Barat. Batu Belimbing. (Foto: Instagram @bernardmaruli)
Tim iNews.id

JAKARTA, iNews.id – Terdapat 10 tempat wisata di Singkawang Kalimantan Barat yang menarik untuk dikunjungi. Kota Singkawang dikenal dengan daya tarik wisata, baik bagi pelancong domestik maupun mancanegara.
 
Singkawang berjarak 145 kilometer sebelah utara Pontianak. Kota ini dikelilingi pegunungan Pasi, Poteng, dan Sakok. Nama Singkawang berasal dari bahasa Hakka yakni 'San Khew Jong' artinya kota di bukit dekat laut dan estuari.

Dari lokasinya saja sudah pasti, daerah yang dihuni banyak keturunan Tionghoa ini memiliki tempat wisata menarik. 

Berikut 10 tempat wisata di Singkawang Kalimantan Barat yang wajib dikunjungi:

1. Pantai Pasir Panjang

Tempat wisata pertama ini merupakan salah satu spot paling banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun asing. Pantai ini terkenal akan pasir putih lembut dan garis pantainya yang cukup panjang. Suara ombak di sini cukup tenang, sehingga bagi Anda yang tidak terlalu suka dengan berisiknya deburan ombak, spot satu ini bisa masuk dalam wishlist.

Pantai kura kura. (Foto: Antara)

2. Pantai Kura-Kura

Pantai lainnya yang wajib dikunjungi adalah Kura-Kura atau juga dikenal dengan 'Dan Khew Jong'. Lokasinya terletak di perbatasan Kota Bengkayang dan Singkawang dan dikelilingi perbukitan. Anda bisa menikmati pemandangan Pantai Kura-Kura dari atas bukit. Hal menarik lainnya dari pantai ini adalah banyaknya kawanan ubur-ubur yang bermunculan ke permukaan di pagi hari.

3. Pulau Simping

Ingin tahu seperti apa pulau terkecil di dunia? Anda bisa mengunjungi spot wisata satu ini. Pulau Simping merupakan pulau di Singkawang Selatan dan tercatat di PBB sebagai pulau terkecil di dunia. Meskipun demikian, pulau ini kaya akan pesona bahari yang cantik dan eksotis. 

4. Mangrove Setapuk Besar

Belum lengkap rasanya jika tidak mengunjungi wisata mangrove di Singkawang satu ini. Mangrove Setapuk Besar merupakan kawasan hutan bakau di Singkawang Utara. Selain melihat pemandangan indah, Anda bisa melakukan aktivitas lain seperti memancing atau sekadar menelusuri rimbun dan hijaunya pepohonan hutan bakau. Anda juga bisa menikmati indahnya pemandangan hutan bakau dari puncak tower di tepi hutan mangrove. 

Taman Batu Belimbing.

5. Taman Batu Belimbing

Ingin merasakan suasana tenang dan sepi di Singkawang? Taman Batu Belimbing bisa menjadi tujuan berikutnya. Tidak seperti wisata lainnya yang mudah diakses, spot ini justru terletak di daerah terpencil. Tak heran jika tak banyak yang mengetahui Taman Batu Belimbing ini. Meskipun letaknya terpencil, spot yang satu ini bisa membius mata Anda dengan pesona alamnya yang ditumbuhi pepohonan rindang. Bagi Anda yang berminat kesini, bisa menggunakan kendaraan roda dua.

6. Danau Biru Singkawang

Tempat wisata lainnya adalah Danau Biru Singkawang. Danau yang terletak 6 Km dari Kota Singkawang ini bukan danau yang terbentuk alami, melainkan bekas galian tambang emas yang ditinggalkan begitu saja. Namun, kawasan terbengkalai menjelma menjadi spot foto yang cantik dan instagrammable.

7. Taman Cinta Waterboom Gunung Poteng Singkawang

Bermain air sambil menikmati pemandangan perbukitan Gunung Poteng bisa Anda lakukan di Taman Cinta Waterboom. Selain fasilitas wahana bermain air yang seru, tempat ini juga memiliki berbagai spot foto menarik.

8. Bukit Bougenville Singkawang

Tempat wisata berikutnya yang wajib dikunjungi adalah Bukit Bougenville Singkawang. Terletak di Desa Sijangkung, taman ini super sejuk. Sesuai dengan namanya, taman ini dominan dengan kembang bougenville dan tanaman hias lainnya seperti bunga anggrek, anthurium, sri rejeki, dan lainnya. Taman ini juga menyediakan spot foto yang tak kalah menarik seperti danau, taman bermain, hingga patung-patung.

Rumah Marga Tjhia. (Foto: Instagram @rasyadr)

9. Cagar Budaya Rumah Marga Tjhia

Tempat wisata berikutnya adalah Cagar Budaya Rumah Marga Tjhia. Kota Singkawang memiliki ciri khas unik, yakni kebudayaan Tionghoa. Di sini ini Anda dapat menelusuri kebudayaan serta sejarah Singkawang. Bangunan ini dibangun pada 1901 yang merupakan kediaman marga Tjhia Siu Si, pendatang dari China. Bangunan ini merupakan salah satu cagar budaya di Singkawang yang masih berdiri kokoh dengan arsitektur aslinya. 

10. Kuliner Pasar Hong Kong

Rugi rasanya bila berkunjung ke Singkawang tapi tidak mengunjungi tempat satu ini. Kota Singkawang dikenal dengan kebudayaan Tionghoa-nya yang kental, pastinya Anda juga tergiur untuk mencicipi kuliner khas Tionghoa. 

Pasar Hong Kong menyediakan berbagai kuliner, mulai dari makanan ringan hingga berat.

Itu dia deretan tempat wisata di Singkawang yang wajib dikunjungi. Tertarik untuk berlibur di Singkawang? Anda bisa memilih deretan tempat wisata di atas sebagai tujuan berlibur. Selamat bersenang-senang!


Editor : Reza Yunanto

BERITA TERKAIT