Presiden Jokowi meminta Bupati Sambas memberi atensi khusus di PLBN Aruk terkait pencegahan varian Omicron.. (Foto: Antara)
Antara

SAMBAS, iNews.id - Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Aruk di Kabupaten Sambas Kalimantan Barat mendapat atensi khusus terkait pencegahan varian omicron. Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Bupati Sambas memberikan perhatian khusus di perbatasan RI-Malaysia itu.

"Kita diminta untuk memberikan atensi serius kepada PLBN Aruk berkaitan dengan varian Omicron yang lebih ganas dari varian Delta," kata Bupati Sambas, Satono, Minggu (19/12/2021).

Satono mengatakan, dalam rapat virtual dengan Presiden Jokowi disampaikan tiga hal yang penting yang harus diwaspadai menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Presiden mengingatkan Omicron telah tersebar di 88 negara, termasuk Indonesia.

"Saat ini Omicron itu sudah tersebar di 88 negara termasuk Indonesia. Penyebarannya lebih cepat berkali-kali lipat," katanya.  

Satono mengatakan, Presiden Jokowi juga berpesan agar pengetatan protokol kesehatan dalam aktivitas sehari-hari harus terus digencarkan jangan sampai lengah. 

Khusus untuk Sambas, kewaspadaan terhadap varian Omicron harus lebih tinggi daripada daerah lain karena ada pintu keluar-masuk antarnegara yakni PLBN Aruk.

"Mudah-mudahan Sambas bebas dari (omicron) itu. Kita tidak pernah melarang masyarakat mencari rejeki, berusaha dan sebagainya silakan. Kita tidak pernah menyuruh mereka tutup, tapi atensi pemerintah harus jadi perhatian kita bersama," kata Satono.


Editor : Reza Yunanto

BERITA TERKAIT