19 Titik Api Muncul di Singkawang Berpotensi Terjadi Karhutla

Antara · Jumat, 19 Februari 2021 - 11:04:00 WIB
19 Titik Api Muncul di Singkawang Berpotensi Terjadi Karhutla
Petugas memadamkan kebakaran lahan di Singkawang. (Antara)

SINGKAWANG, iNews.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Singkawang memantau 19 titik api yang muncul dalam sepekan. Titik api tersebut berpotensi menimbulkan kebakaran lahan dan hutan (karhutla).

"Berdasarkan pantauan kita ada 19 titik api. Hal tersebut tentunya berpotensi menimbulkan karhutla di Singkawang," ujar Kasi Kesiapsiagaan Bencana BPBD Singkawang, Jayadi, Jumat (19/2/2021).

Dia menyebut, titik api tersebut terpantau di Semelagi Kecil, Sungai Pinang, Setapuk Besar, Jalan Air Merah, Jalan Sawang Sembilan, Setapuk Kecil, Sungai Rasau, Sungai Bulan, Sungai Naram, Sagatani, Pangmilang, dan Sijangkung.

Untuk mengantisipasi terjadinya karhutla, BPBD Singkawang terus menggencarkan patroli dan sosialisasi kepada warga yang berada di sekitar titik api. Selain menurunkan petugas, juga melalui radio.

Sebelumnya, Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie mengingatkan warga untuk mewaspadai karhutla. Pemilik lahan juga diminta tidak melakukan pembukaan lahan dengan cara membakar karena kondisi memasuki musim kemarau.

"Mari kita jaga agar tidak terjadi kabur asap yang merugikan," tuturnya.

Editor : Reza Yunanto