3 Pejabat Pemprov Kalbar Positif Covid-19, Gubernur Larang ASN ke Luar Daerah

Antara ยท Sabtu, 22 Agustus 2020 - 18:30:00 WIB
3 Pejabat Pemprov Kalbar Positif Covid-19, Gubernur Larang ASN ke Luar Daerah
Ilustrasi tes swab. (Foto: Dok iNews)

PONTIANAK, iNews.id - Tiga pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Barat (Kalbar) terkonfirmasi positif Covid-19. Menindaklanjuti temuan tersebut, Gubernur Kalbar Sutarmidji melarang Aparatur Sipil Negara (ASN) ke luar daerah.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar Harisson mengatakan, kondisi ketiganya diketahui dari hasil tes swab yang sebelumnya dilakukan terhadap 16 pejabat di lingkungan Pemprov Kalbar. Mereka sedang mengikuti job fit dan open bidding atau lelang.

"Kemarin ada 16 pejabat di lingkungan Pemprov Kalbar yang sedang mengikuti job fit dan open bidding. Mereka kita lakukan tes swab dan RT-PCR, terdapat tiga orang di antaranya kasus konfirmasi," kata Harisson di Pontianak, Sabtu (22/8/2020).

Para pejabat yang terkonfirmasi positif Covid-19 seluruhnya asimtomatik atau tanpa gejala dan saat ini sudah diisolasi. Para pejabat yang mengikuti open bidding tersebut juga diisolasi mandiri dan mendapat pengawasan ketat dari Dinas Kesehatan Kalbar.

Harrison mengatakan, Gubernur Kalbar Sutarmidji sudah menginstruksikan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kalbar agar tidak melakukan perjalanan ke luar daerah. Hal ini sebagai upaya meminimalisasi semakin banyaknya ASN dan masyarakat dari terpapar Covid-19..

Dia juga menjelaskan berdasarkan hasil pemeriksaan swab di laboratorium Untan Pontianak dan TCM RSUD Soedarso tanggal 21 Agustus 2020, terdapat kasus konfirmasi baru sebanyak 33 orang di provinsi ini.

Adapun rinciannya antara lain, Kota Pontianak 13 orang, Kabupaten Landak 12 orang, Kubu Raya 5 orang, dan masyarakat dari luar wilayah 3 orang.

Selain itu juga ada kasus konfirmasi sembuh sebanyak 5 orang yang berasal dari Kota Pontianak 3 orang dan Kubu Raya 2 orang. Sedangkan untuk kasus konfirmasi lama yang masih positif sebanyak 1 orang dan hasil negatif 152 orang.

Sampai hari ini, terdapat 533 kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kalbar. Dari jumlah tersebut terdapat 429 orang yang dinyatakan sembuh dan 4 orang meninggal.

Editor : Maria Christina

Bagikan Artikel: