Pastikan Seleksi Bintara Bebas Calo, Ini yang Dilakukan Polresta Pontianak

Uun Yuniar ยท Sabtu, 22 Agustus 2020 - 12:30:00 WIB
Pastikan Seleksi Bintara Bebas Calo, Ini yang Dilakukan Polresta Pontianak
Seleksi calon bintara di Pontianak. (Foto: iNews/Uun Yuniar).

PONTIANAK, iNews.id - Seleksi calon bintara Polri 2020 di Kota Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar) dipastikan transparan dan bebas calo. Bila ada oknum yang menjanjikan kelulusan kepada peserta, akan langsung dikenakan sanksi.

Polresta Pontianak Kota menandatangani pakta integritas dengan peserta seleksi calon bintara dan orang tua atau walinya pada Jumat (21/8/2020) kemarin. Tujuannya untuk meyakinkan mereka bahwa seleksi ini berlangsung jujur.

"Kami melibatkan banyak pihak, termasuk orang tua dan para peserta untuk pengawasan seleksi calon bintara ini," kata Kapolresta Pontianak Kota, Kombes Pol Komarudin, saat dikonfirmasi Sabtu (22/8/2020).

Dia memastikan, proses penerimaan calon anggota Polri ini gratis, tidak ada pungutan biaya di setiap tahapan seleksi. Karena itu masyarakat, khususnya para peserta tidak mudah percaya dengan oknum yang menjanjikan kelulusan.

"Harapan kami, ini memberikan gambaran kalau seleksi ini berlangsung secara ketat dan bersih, tanpa ada permainan oknum yang kita khawatirkan," ujar dia.

Untuk itu Kapolres Kombes Pol Komarudin meminta calon peserta menyiapkan seluruh dokumen, pisik dan mental mereka saat akan mengikuti seleksi bintara tahun ini.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal