5 WNI Telantar di Sarawak Malaysia Dipulangkan ke Indonesia, Ada yang Sampai Gangguan Jiwa

Antara · Jumat, 01 Juli 2022 - 09:25:00 WIB
5 WNI Telantar di Sarawak Malaysia Dipulangkan ke Indonesia, Ada yang Sampai Gangguan Jiwa
PLBN Entikong salah satu pintu pemulangan (repatriasi) WNI dari Malaysia. (Antara)

PONTIANAK, iNews.id - KJRI di Kuching, Sarawak, Malaysia membantu pemulangan (repatriasi) lima warga negara Indonesia (WNI) bermasalah melalui Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. Kelimanya dipulangkan setelah ditemukan telantar di Sarawak.

"Mereka ini telantar di Sarawak Malaysia karena ditipu oleh orang-orang tidak bertanggungjawab," kata Kepala KJRI di Kuching, Raden Sigit Witjaksono dalam keterangan tertulisnya, Jumat (1/7/2022).

Kelimanya adalah Sanusi asal Bima, NTB, Asrina asal Situbondo, Jawa Timur, Siti Sumarni dan Sutrisno asal Rokan Hilir, Riau, dan Madani Sopian asal DKI Jakarta yang mengalami gangguan jiwa.

Dijelaskan Sigit, para WNI yang merupakan pekerja migran itu awalnya dijanjikan pekerjaan dan mendapat gaji besar. Namun setibanya di Sarawak, Malaysia, mereka bekerja dengan gaji tak sesuai janji hingga akhirnya hidup telantar. 

"Bahkan tidak memiliki izin tinggal yang sah, sehingga mereka kami tampung dan pulangkan ke Indonesia melalui PLBN Entikong," katanya.

Editor : Reza Yunanto

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: