7 Daerah di Kalbar Nol Kasus Covid-19, Dinkes Minta Rapid Test Tetap Jalan

Antara ยท Sabtu, 11 Juli 2020 - 13:39 WIB
7 Daerah di Kalbar Nol Kasus Covid-19, Dinkes Minta Rapid Test Tetap Jalan
Santri asal Kalimantan Barat menjalani pemeriksaan menggunakan alat tes diagnostik cepat untuk mendeteksi penularan COVID-19 di Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar di Pontianak. (Antara)

PONTIANAK, iNews.id - Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) menyebut tujuh daerah tidak ditemukan lagi kasus Covid-19. Dua di antara tujuh daerah tersebut oleh pemerintah sudah dimasukkan dalam zona hijau.

Tujuh daerah itu yakni Kapuas Hulu, Kayong Utara, Sekadau, Melawi, Sambas, Bengkayang, dan Pontianak.

"Kita berharap daerah lainnya juga bisa nol kasus sehingga kita bisa mendapatkan nol kasus untuk seluruh Kalbar," kata Kepala Dinas Kesehatan Kalbar, Harisson di Pontianak, Sabtu (11/7/2020).

Harisson mengatakan, tujuh daerah itu saat ini tetap diminta untuk tetap melakukan rapid test kepada minimal lima persen penduduk. Selain itu bila menemukan warga yang reaktif dari hasil rapid test itu, agar cepat dipisahkan dengan mekanisme isolasi atau karantina mandiri.

"Yang reaktif ini juga harus segera diisolasi. Jika kita terus melakukan hal seperti ini, mudah-mudahan kabupaten-kota ini bisa tetap hijau atau kasus konfirmasinya tidak ada," katanya.

Dia mengingatkan warga Kalbar agar tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan sebagai upaya menghindari penularan covid-19.

Menggunakan masker saat di luar rumah, menghindari kerumunan, menjaga jarak dengan orang lain, serta sering mencuci tangan adalah hal yang harus dipatuhi warga.

"Bersama kita pasti bisa menjaga diri dan keluarga kita dari Covid-19," kata Harisson.

Melansir data yang ditampilkan Dinkes Kalbar, jumlah kasus positif Covid-19 saat ini mencapai 347 orang. Pasien sembuh mencapai 308 orang, dan meninggal dunia 4 orang.


Editor : Reza Yunanto