88 Pekerja Migran Bermasalah Berhasil Dipulangkan ke Indonesia Melalui PLBN Entikong Sanggau

Antara ยท Sabtu, 21 November 2020 - 12:25:00 WIB
88 Pekerja Migran Bermasalah Berhasil Dipulangkan ke Indonesia Melalui PLBN Entikong Sanggau
Konjen RI di Kuching, Yonny Tri Prayitno saat membantu pemulangan 88 PMI bermasalah melalui Entikong, Kamis (19/11/2020). (Foto: Antara)

PONTIANAK, iNews.id – Sebanyak 88 orang Pekerja Migran Indonesia (PMI) bermasalah berhasil dipulangkan ke Indonesia melalui PLBN Entikong, Sanggau, Kalimantan Barat (Kalbar). Pemulangan deportasi dan repatriasi ini dibantu oleh KJRI (Konsulat Jenderal Republik Indonesia) di Kuching.

Kepala KJRI Kuching, Yonny Tri Prayitno mengatakan, selain 88 PMI tersebut, pihaknya juga membantu pemulangan/repatriasi empat orang PMI yang terdiri dari sepasang suami istri dengan kondisi khusus. Selain itu, ada satu orang laki-laki dan satu orang perempuan tidak berdokumen dari shelter KJRI Kuching melalui PLBN Entikong, Sanggau, Kalbar.

“Sebanyak 84 orang PMI bermasalah itu terdiri dari 16 perempuan dan 68 laki-laki dari Depo Imigrasi Semuja, Serian, Serawak,” katanya, Jumat (20/11/2020).

Setibanya di PLBN Entikong para PMI bermasalah tersebut diterima oleh Satgas Pemulangan WNI, BP2MI dan Imigrasi Entikong. Kegiatan pemulangan PMI bermasalah tersebut diawali dengan verifikasi data dengan tetap menerapkan protokol pencegahan Covid-19.

“Baik yang repatriasi dari shelter KJRI Kuching maupun yang deportasi dari Depo Imigrasi Semuja, Sarawak," ujarnya.


Editor : Umaya Khusniah