Anak Suku Tidung di Uang Baru Rp75.000, Ini Kata Jubir Presiden

Djairan ยท Rabu, 19 Agustus 2020 - 10:31:00 WIB
Anak Suku Tidung di Uang Baru Rp75.000, Ini Kata Jubir Presiden
Uang Peringatan dengan nominal Rp75.000. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Salah satu pakaian adat yag muncul di sisi belakang uang baru Rp75.000 memicu polemik di sebagian masyarakat karena disebut sebagai pakaian adat China. Wajah anak yang memakai pakaian adat itu juga menjadi sorotan lantaran berwajah oriental.

Terkait polemik itu, pihak istana memberikan penjelasan bahwa pakaian adat itu merupakan pakaian khas Suku Tidung di Kalimantan Utara.

Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman bercerita, sosok anak laki-laki tersebut bernama Muhammad Izzam Athaya. Dia siswa Sekolah Dasar (SD) 041 Tarakan, Kalimantan Utara.

"Sekecil itu, wajahnya sudah terpampang di lembaran mata uang Republik Indonesia -- uang baru Rp75.000," tulis Fadjroel lewat akun Instagram @fadjroelrachman, Rabu (19/8/2020).

Fadjroel menuturkan cerita dari mantan wartawan, Tommy Lebang di mana Izzam saat itu didatangi tim dari Jakarta sekitar satu tahun yang lalu. Kedatangan tim tersebut untuk memotret Izzam.

"Ia difoto mengenakan baju adat suku Tidung, Kaltara, nama suku keluarga besarnya," kata Fadjroel.

Kehadiran wajah Izzam, kata Fadjroel, pasti akan menjadi kenangan tersendiri bagi bocah itu.

Wajahnya kini terpampang pada lembaran kertas berharga yang beredar dari tangan ke tangan, tersimpan di brankas, hingga terjulur keluar dari mesin-mesin ATM di seantero negeri sampai Izzam dewasa.

"Untuk Izzam, selamat ya," ujarnya.

Postingan tersebut diunggah Fadjroel sekitar 2 jam yang lalu. Hingga berita ini ditulis, postingan tersebut disukai lebih dari 2.000 pengguna Instagram.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: