Anggaran ETLE untuk Satu Ruas Jalan Pontianak Capai Rp3,1 Miliar 

Antara · Selasa, 27 April 2021 - 10:36:00 WIB
Anggaran ETLE untuk Satu Ruas Jalan Pontianak Capai Rp3,1 Miliar 
Ilustrasi-Petugas Satlantas Polres Kudus, Jawa Tengah, memantau pengendara motor yang melanggar tata tertib berlalu lintas lewat monitor menyusul diberlakukannya sistem tilang elektronik. Foto: Antara

PONTIANAK, iNews.id – Anggaran yang dibutuhkan untuk menerapkan tilang elektronik (Electronic Traffic Law Enforcement/ETLE), di satu ruas jalan di Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar) membutuhkan Rp3,1 miliar. Polres Pontianak tengah berkordinasi dengan Pemprov Kalbar untuk merealisasikan penerapan ETLE di Pontianak.

Kapolres Pontianak, Kombes (Pol) Leo Joko Triwibowo mengatakan, mengingat tingginya anggaran yang dibutuhkan untuk menerapkan ETLE, maka dibutuhkan penghitungan yang tepat. Rencananya ETLE untuk bakal diterapkan di jalan simpang empat depan Kantor Pajak Pratama (KPP), Ahmad Yani, dimulai dengan pemasangan kamera pengawas (CCTV) ETLE.

"Direktorat lalu lintas sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalbar terkait pengadaan atau lainnya, dan akan dianggarkan tahun 2021," kata Leo Joko Triwibowo, di Pontianak, Selasa (27/4).

Leo mengatakan, hingga saat ini pelaksanaan tilang elektronik yang ada di Kalbar masih berupa pemantauan atau tahap monitoring, dan belum dilaksanakan penindakan. 

"Sehingga untuk saat ini penilangan masih dilakukan manual dan dalam tahap monitoring, karena kami juga perlu peralatan yang betul-betul bisa dipertanggungjawabkan," ujarnya.

Hal itu, menurut dia untuk menghindari pelanggar yang ingin komplain atau mengeluh sehingga tidak bisa diberikan dasar penindakan lanjut.

"Kami perlu mempersiapkan semuanya, karena jangan sampai nanti pelanggar mengajukan komplain, dan kami tidak bisa memberikan dasar penindakan kepada pelanggar tersebut," kata Leo.

Editor : Erwin C Sihombing

Bagikan Artikel: