Banjir Besar Lumpuhkan Kapuas Hulu, Warga Kesulitan Makanan

Gusti Eddy ยท Rabu, 16 September 2020 - 13:07 WIB
Banjir Besar Lumpuhkan Kapuas Hulu, Warga Kesulitan Makanan
Banjir di Kapuas Hulu (Antara)

KAPUAS HULU, iNews.id - Banjir di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat (Kalbar) melumpuhkan aktivitas warga. Akibatnya warga kesulitan mendapatkan bahan makanan.

Tak hanya merendam permukiman warga, banjir dengan ketinggian lebih dari 1 meter itu juga merendam perkantoran dan fasilitas listrik serta telekomunikasi.

Pantauan iNews.id, Rabu (16/9/2020), banjir akibat luapan air Sungai Kapuas itu masih merendam permukiman penduduk dan perkantoran di Kapuas Hulu. Sebagian warga banyak yang mengungsi ke wilayah yang tak terendam banjir atau ke hotel-hotel.

Namun banyak yang memilih bertahan di rumah dengan membuat panggung.

Banjir yang terjadi sejak Minggu (13/9/2020) itu memang sedikit surut. Namun aktivitas warga masih lumpuh. Bahkan sejumlah warga kini kesulitan mendapat bahan makanan.

Sementara itu, Kapolres Kapuas Hulu, AKBP Wedy Mahadi mengatakan, kepolisian terus melakukan monitoring kondisi banjir.

Menurut laporan warga banyak yang tak sempat menyelamatkan barang-barang mereka saat banjir datang. Kendati demikian sejumlah kendaraan bermotor ada yang sempat diungsikan ke tempat lebih tinggi.

"Saya melihat kendaraan sepeda motor mau pun mobil sudah diungsikan di dataran tinggi. Tetap waspada banjir dan utamakan keselamatan serta jaga keamanan dan ketertiban," katanya.


Editor : Reza Yunanto