Banjir, Pelayanan Puskesmas Purnama di Pontianak Lumpuh

Antara ยท Kamis, 10 Juni 2021 - 20:32:00 WIB
Banjir, Pelayanan Puskesmas Purnama di Pontianak Lumpuh
Puskesmas Purnama Pontianak terendam air akibat tingginya intensitas hujan, Kamis (10/6/2021). (Foto: Istimewa)

PONTIANAK, iNews.id - Pelayanan kesehatan di Puskesmas Purnama, Kota Pontianak lumpuh akibat banjir di kawasan Kecamatan Pontianak Selatan itu, Kamis (10/6/2021). Puskesmas tidak bisa melayani pasien untuk sementara.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak Sidiq Handanu mengatakan, Gedung Puskesmas Purnama terendam banjir karena intensitas hujan yang tinggi pada Rabu malam (9/6/2021).

"Puskesmas tidak bisa melayani pasien untuk sementara waktu. Kalau genangan airnya sudah surut, maka pelayanan dibuka kembali," kata Sidiq di Pontianak.

Dia menjelaskan, untuk sementara ini masyarakat bisa mencari fasilitas kesehatan di tempat lain untuk mendapatkan pelayanan. Ke depan, pihaknya berencana merenovasi Puskesmas Purnama untuk mengantisipasi banjir. Namun, rencana masih terkendala anggaran yang belum ada.

"Ini bencana yang tidak terduga. Tapi, masyarakat bisa mencari fasilitas kesehatan di puskesmas lain di sekitar itu, misalnya di Gang Sehat ataupun Gang Bali," ujarnya.

Wali Kota Pontianak Edi Kamtono sebelumnya mengatakan, sebagian besar daerah di Pontianak rawan genangan air karena berada di dataran rendah. Pertumbuhan pembangunan kota yang cepat semakin menambah potensi genangan air tersebut. Kondisi ini ditambah posisi kota yang dibelah oleh Sungai Kapuas dan Landak.

Editor : Maria Christina

Halaman : 1 2