Bebas Narkoba, Tiga Kelurahan di Pontianak Jadi Proyek Percontohan Kelurahan Bersinar

Antara ยท Jumat, 11 Juni 2021 - 17:40:00 WIB
Bebas Narkoba, Tiga Kelurahan di Pontianak Jadi Proyek Percontohan Kelurahan Bersinar
Pintu masuk Kota Pontianak. (Foto: iNews/Uun Yuniar)

PONTIANAK, iNews.id - Tiga kelurahan di Kota Pontianak bersih dari narkoba. Tiga kelurahan itu dijadikan proyek percontohan Kelurahan bersih dari narkoba (Bersinar).

Tiga kelurahan itu yakni Kelurahan Dalam Bugis, Sungai Beliung, dan Siantan Tengah.

"Kami sampaikan ke Wali Kota Pontianak agar dijadikan pilot project Kelurahan Bersinar," kata Direktur Pemberdayaan Alternatif Badan Narkotika Nasional (BNN), Brigjen Teguh Iman Wahyudi di Pontianak, Jumat (11/6/2021).

Dia mengatakan, program Kelurahan Bersinar merupakan bagian dari program Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN). 

Dalam kelurahan bersinar juga dibentuk Satuan Tugas (Satgas) atau relawan antinarkoba yang melibatkan perangkat kelurahan termasuk Karang Taruna, tokoh agama, tokoh masyarakat dan lainnya. 

"Mereka ini yang nantinya akan melaksanakan pencegahan dan pemberantasan narkoba di kelurahan tersebut," ujarnya.

Menurutnya, satgas tersebut dibentuk oleh masing-masing kelurahan berkoordinasi dengan BNN Kota Pontianak. Termasuk di kelurahan tersebut juga dibentuk posko seperti unit kecil BNN.

Untuk mendorong terwujudnya Kelurahan Bersinar ini, BNN melalui BNN Kota Pontianak meminta perangkat yang ada di kelurahan digerakkan, termasuk dukungan anggaran untuk pencegahan dan pemberantasan narkoba. 

"Apalagi kalau di kelurahan tersebut dibangun tempat rehabilitasi maka itu akan jauh lebih baik," katanya.

Editor : Reza Yunanto