5 Desa di Perbatasan Malaysia Deklarasi Tak BAB Sembarangan

Antara ยท Selasa, 08 Juni 2021 - 12:16:00 WIB
5 Desa di Perbatasan Malaysia Deklarasi Tak BAB Sembarangan
Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan. (Antara)

KAPUAS HULU, iNews.id - Sebanyak lima desa di Kabupaten Kapuas Hulu yang berbatasan dengan Malaysia berkomitmen hidup sehat.Kelima desa itu mendeklarasikan gerakan stop buang air besar (BAB) sembarangan. 

Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan mengatakan, kelima desa di perbatasan itu yakni Sei Ambau. Labian, Labian Ira'ang, Sungai Anjung, dan Setulang. Kelima desa itu berada di Kecamatan Batang Lupar.

"Terima kasih kepada lima desa yang telah berkomitmen untuk hidup sehat dan bersih dengan tidak buang air besar sembarangan," ujar Fransiskus di Kapuas Hulu, Selasa (8/6/2021).

Dia mengatakan, Pemkab Kapuas Hulu mendorong masyarakat hidup bersih untuk menghindari berbagai penyakit serta meningkatkan kualitas hidup.

Menurutnya, pola hidup sehat ini juga sejalan dengan upaya pemerintah menekan penyebaran Covid-19 dengan menekankan protokol kesehatan.

"Pemkab Kapuas Hulu sangat mendukung komitmen masyarakat menerapkan pola hidup sehat dengan stop buang air besar sembarangan dan yang tak kalah penting terapkan protokol kesehatan," ujarnya.

Sementara itu, Camat Batang Lupar, Ilhamsyah menyebut deklarasi stop BAB sembarangan ini juga untuk memicu desa-desa yang lain melakukan hal yang sama. Gerakan tersebut bukan hanya sekadar komitmen tapi diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

"Deklarasi itu bukan sekedar kita ucapkan, tetapi suatu komitmen yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari," ujarnya.

Editor : Reza Yunanto