BNNP Kalbar Ungkap Jaringan Narkoba Perbatasan Malaysia, Napi Rutan Pontianak Terlibat

Barlian Pasore · Senin, 08 Maret 2021 - 13:31:00 WIB
BNNP Kalbar Ungkap Jaringan Narkoba Perbatasan Malaysia, Napi Rutan Pontianak Terlibat
BNNP Kalimantan Barat menangkap tiga jaringan pengedar sabu di perbatasan Indonesia-Malaysia. (Foto: iNews/Barlian Pasore)

PONTIANAK, iNews.id - Badan Nasional Narkotika Provinsi (BNNP) Kalimantan Barat (Kalbar) mengungkap jaringan narkoba di perbatasan Indonesia-Malaysia. Seorang napi di Rumah Tahanan (Rutan) Pontianak terlibat dalam jaringan ini.

"Satunya dari rutan, beliau yang mengendalikan bawa sabu ini ke perbatasan," ujar Kepala BNNP Kalbar, Kombes Adeyana Supriyatna, Senin (8/3/2021).

Ada tiga tersangka yang ditangkap dalam pengungkapan jaringan narkoba lintas negara ini. Para tersangka yakni TWR alias Bojes, MAZ alias Jek, dan RV alias Rory.

Sedangkan satu orang inisial RD saat ini masih diburu dan telah masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

"Barang bukti tiga kiloan," ujarnya.

Pengungkapan ini bermula dari informasi yang diterima BNNP Kalbar dan Bea Cukai soal pengiriman ke arah Balai Karanggan di wilayah perbatasan. Dari informasi itu kemudian ditangkap tersangka Rory atas bantuan Polsek Tayan Hulu.

Dari keterangan Rory, dia mengaku disuruh RD untuk mengambil sabu dengan upah Rp10 juta per kilogram. RD mendapat perintah itu dari RM, napi yang mendekam di Rutan Pontianak.

Jaringan ini mendistribusikan sabu melalui jalur tikus di perbatasan Indonesia-Malaysia. Sabu tersebut berasal dari China yang akan diedarkan di Kalimantan.

"Mereka lewat hutan, ada yang mengirim dari Malaysia," ujarnya.

Editor : Reza Yunanto