BRGM Ajak Mahasiswa the University of Queensland Australia Kunjungi DMPG di Kalbar

Rizqa Leony Putri ยท Selasa, 22 November 2022 - 15:21:00 WIB
BRGM Ajak Mahasiswa the University of Queensland Australia Kunjungi DMPG di Kalbar
Program PEATLI-3 BRGM dan t he University Of Queensland resmi dijalankan di Kantor BRGM Grha Gamma Cikini, Senin (21/11/2022). (Foto: dok BRGM)

JAKARTA, iNews.id - Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) bekerja sama dengan the University of Queensland, Australia menggelar Program Peatland Community Engagement and Transdisciplinary Learning-Indonesia (PEATLI). Program yang didanai oleh the New Colombo Plan (NCP) Department of Foreign Affairs and Trade (DFAT) Australia ini dirancang untuk mendukung upaya pelibatan masyarakat desa dalam kegiatan restorasi gambut yang dilakukan BRGM.

Program tersebut melibatkan mahasiswa the University of Queensland dari berbagai jurusan mulai dari Ilmu Kesehatan, Ilmu Eksak, Manajemen Lingkungan, Komunikasi, dan Hukum. Bertempat di Kantor BRGM, Grha Gamma Cikini program PEATLI-3 resmi dijalankan.

Kegiatan dibuka dengan sambutan oleh Kepala Kelompok Kerja Kerja sama, Hukum dan Hubungan Masyarakat, Didy Wurjanto. “Kami mengapresiasi kedatangan the University of Queensland untuk jauh-jauh datang dari Australia untuk nantinya mengunjungi wilayah restorasi gambut kami di Kalimantan Barat," ujar Didy.

Tahun ini merupakan kali ketiga program PEATLI diselenggarakan. Nantinya, mahasiswa program tersebut akan melakukan konsultasi dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, perguruan tinggi setempat, dan desa yang telah menjadi Desa Peduli Gambut (DPG, saat ini bernama Desa Mandiri Peduli Gambut/ DMPG), yaitu Desa Kuala Dua, Desa Limbung, dan Desa Arang Limbung.

Program PEATLI-3 akan berlangsung hingga 5 Desember 2022 mendatang. Seperti diketahui, sebelumnya prgoram PEATLI-1 telah dilaksanakan di Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah pada 19 Juni-4 Juli 2019 lalu, sementara PEATLI-2 diselenggarakan pada 20 November-5 Desember 2019 di Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau.

Associate Professor of the Centre for Communication and Social Change the University of Queensland Elske van de Fliert memberikan kata sambutan. (Foto: dok BRGM)
Associate Professor of the Centre for Communication and Social Change the University of Queensland Elske van de Fliert memberikan kata sambutan. (Foto: dok BRGM)

Associate Professor of the Centre for Communication and Social Change the University of Queensland Elske van de Fliert menyampaikan apresiasi kepada BRGM.

“Melalui kegiatan ini, mahasiswa tak hanya mempelajari hal-hal baru dan mendapatkan pengalaman tetapi juga diharapkan mahasiswa mampu menyelesaikan masalah yang kompleks, dengan sudut pandang berbagai disiplin ilmu. Saya yakin mereka dapat memberikan ide-ide baru ke BRGM," ujar Elske.

Editor : Rizqa Leony Putri

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: