Bupati Kubu Raya Perintahkan PPKM Mikro Diterapkan hingga Tingkat Desa

Antara ยท Kamis, 22 April 2021 - 16:40:00 WIB
Bupati Kubu Raya Perintahkan PPKM Mikro Diterapkan hingga Tingkat Desa
Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan. (Antara)

KUBU RAYA, iNews.id - Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan meminta seluruh kepala desa menerapkan PPKM mikro. Salah satunya menggencarkan lagi penerapan protokol kesehatan.

"Sejak April 2020, saat pertama kali kasus Covid-19 mulai melanda, setiap desa yang ada di Kubu Raya sudah siaga dan siap untuk melakukan berbagai upaya pencegahan secara mandiri," kata Muda di Sungai Raya, Kamis (22/4/2021).

Pada April 2020, dia menginstruksikan semua kepala desa untuk melakukan penyemprotan disinfektan di fasilitas publik, seperti masjid, sekolah dan rumah warga.

"Masyarakat bersama bergerak membuat masker kain sendiri, sehingga bisa mengantisipasi kelangkaan masker saat itu. Hal ini masih terus berlanjut sampai sekarang, sehingga dengan diberlakukannya PPKM mikro, saya yakin masyarakat Kubu Raya sudah siap," tuturnya.

Muda mengatakan kondisi geografis Kubu Raya yang berbatasan dengan enam kabupaten/kota di Kalbar dan menjadi pintu masuk ke Kalbar baik dari jalur darat, air dan udara menjadikan daerah ini rentan akan pandemi Covid-19.

"Namun, dengan kesiapan masyarakat dan semua proses yang kita lalui, kita bisa mengatasi penyebaran COVID-19 di Kubu Raya. Untuk itu, semua dituntut bergerak lebih cepat. Dalam penerapan PPKM mikro tersebut, saya minta setiap desa semakin menggencarkan apa yang telah dilakukan selama ini," katanya.

Menurutnya, untuk upaya pencegahan dilakukan oleh Satgas Covid-19 tingkat desa yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Setiap desa menurutnya pasti lebih cepat melakukan upaya pencegahan.

"Jadi untuk penerapan PPKM ini saya rasa tidak semua daerah harus dipukul rata, karena ada daerah yang hijau, kuning, orange dan merah, bahkan hitam. Kita akan melihat setiap perkembangan dalam mengambil tindakan," tuturnya. 

Editor : Reza Yunanto