Cegah DBD, Bupati Landak Ajak ASN dan Warga Giat Gotong Royong

Antara ยท Minggu, 30 Mei 2021 - 14:09:00 WIB
Cegah DBD, Bupati Landak Ajak ASN dan Warga Giat Gotong Royong
Sejumlah ASN di lingkungan Pemkab Landak gotong royong membersihkan lingkungan di sekitar kantor untuk mencegah perkembangbiakan nyamik Aedes Aegepty di lingkungan kantor.Foto: Antara

PONTIANAK, iNews.id - Bupati Landak, Kalimantan Barat (Kalbar), Karolin Margret Natasa, mengajak seluruh aparatur sipil negara (ASN) termasuk pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta masyarakat untuk mewaspadai demam berdarah dengue (DBD). Bupati meminta ASN dan masyarakat gotong royong membersihkan lingkungannya.

Menurut Karolin, kasus DBD di Landak mulai terjadi peningkatan. Dia tidak ingin ASN terjangkit DBD karena lingkungan kantor menjadi sarang nyamuk.

Begitu juga dengan masyarakat, Karolin meminta warga untuk rutin melakukan pembersihan areal rumah untuk mencegah berkembangbiaknya nyamuk. Dia meminta masyarakat untuk mengambil inisiatif tanpa harus menunggu petugas.

"Saya mengingatkan kepada pimpinan OPD, bahwa dengan kasus DBD yang mulai meningkat, supaya pada hari Jumat dilakukan kegiatan gotong royong membersihkan lingkungan sekitar kantor dengan memperhatikan 3M," kata Karolin, Minggu (30/5/2021).

Karolin juga menjelaskan bahaya DBD lantaran penyakit ini memiliki tiga fase dalam semua kasus yang terjadi. Hari 1-3 adalah fase febrile yaitu tidak ada perdarahan, namun fase selanjutnya pasien bisa mengalami demam tinggi, sakit kepala, nyeri otot, hingga nyeri sendi.

"Yang berbahaya itu hari keempat, kelima, keenam, sampai menjelang hari ketujuh. Demam cenderung turun tapi disertai penurunan trombosit, cenderung mengalami perdarahan dan mengalami shock lebih besar," katanya.

Karolin berharap seluruh jajaran OPD dan warga tidak menganggap enteng persoalan DBD. Masyarakat harus sigap dengan melakukan langkah-langkah pencegahan.

"Kita meminta kepada warga untuk rutin memantau wadah yang menampung air di rumahnya masing-masing, tidak harus menunggu petugas untuk mencegah hal ini karena cukup mudah. Pilih pakaian yang aman dari gigitan nyamuk, gunakan anti nyamuk yang aman, pakai kelambu atau perangkap nyamuk, cegah genangan air di sekitar tempat tinggal, pasang kasa di lubang angin, pintu, dan jendela," katanya.

Editor : Erwin C Sihombing