Cerita Pasien Covid-19 Sembuh, Sempat Menulari Istri karena Tak Disiplin Isolasi

Antara ยท Jumat, 19 Juni 2020 - 10:37 WIB
Cerita Pasien Covid-19 Sembuh, Sempat Menulari Istri karena Tak Disiplin Isolasi
HY, pasien sembuh dari Covid-19 warga Kayong Utara, Kalbar berbagi kisah selama menjalani isolasi. (Antara)

KAYONG UTARA, iNews.id - Seorang pasien positif Covid-19 di Kalimantan Barat dinyatakan sembuh setelah dirawat selama tiga bulan dan menjalani tes swab 14 kali. Proses kesembuhan pria inisial HY asal Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara ini tidaklah mudah.

Hal itu diceritakan HY saat menghadiri pelepasan dirinya yang telah sembuh di Gedung Istana Rakyat, Sukadana, Kayong Utara, Kamis (18/6/2020).

HY menuturkan, isolasi yang dia jalani selama tiga bulan cukup berat. Apalagi hal itu dilakukan selama bulan Ramadhan.

Awalnya dia menjalani isolasi di rumah sembari menunggu hasil tes swab. Saat menjalani isolasi mandiri itu, dia mengaku tak disiplin hingga sempat melakukan kontak dengan keluarganya di rumah.

Akibatnya, istrinya pun ikut terpapar dan dinyatakan positif terjangkit Covid-19. Tak ingin penularan meluas, dia dan istrinya diisolasi bersama di Klinik Asri Sukadana Kayong Utara.

HY bercerita, saat Lebaran Idul Fitri hanya bisa berdiam diri bersama sang istri di ruang isolasi.

"Ini pengalaman yang luar biasa bagi kami sekeluarga, diisolasi selama tiga bulan. Dan seumur hidup juga tahun ini Lebaran tanpa silaturahmi dengan orang tua. Ini menjadi pengalaman berharga kami sekeluarga," ujarnya.

HY pun berpesan kepada siapa pun yang diminta melakukan isolasi baik mandiri maupun di tempat yang telah disediakan, agar menjalaninya dengan disiplin.

"Ini juga pesan bagi yang lainnya. Ketika sudah diminta isolasi, isolasi lah secara betul-betul. Jangan seperti saya, saya juga merasa menyesal karena pada tanggal 26 Maret itu kami sempat kontak, mamak saya, adik saya bersama istri saya, jadi yang positif istri saya," katanya.

Kesembuhan HY membawa kabar baik bagi Kabupaten Kayong Utara. Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kayong Utara Bambang Suberkah mengatakan, HY merupakan pasien yang memakan waktu terlama untuk sembuh.

"Ini salah satu isolasi terlama karena tiga bulan. Alhamdulillah, pasien dapat bersabar dalam menjalani isolasi ini," ujarnya.

Bambang menuturkan, HY merupakan warga Kayong Utara pertama yang terjangkit Covid-19. Dia merupakan klaster India. HY pun menulari sang istri karena tak disiplin menjalani isolasi. Namun, istri HY sudah dinyatakan sembuh lebih dulu

Menurut Bambang, Kayong Utara saat ini masih melakukan penanganan satu pasien konfirmasi Covid-19 di Kecamatan Seponti. Pasien tersebut sudah 21 hari menjalani isolasi, dan akan menjalani tes swab lagi hari ini.

Kabupaten Kayong Utara termasuk wilayah yang minim penularan Covid-19. Pasien positif terjangkit Covid-19 di kabupaten ini berjumlah tiga orang. Dua orang sudah sembuh, yakni HY dan istri. Sedangkan akumulasi pasien positif di Kalbar hingga Jumat (19/6/2020) mencapai 282 orang.


Editor : Reza Yunanto