Isolasi 3 Bulan dan Tes Swab 14 Kali, Pasien Covid-19 Ini Dinyatakan Sembuh

Antara ยท Jumat, 19 Juni 2020 - 08:59 WIB
Isolasi 3 Bulan dan Tes Swab 14 Kali, Pasien Covid-19 Ini Dinyatakan Sembuh
RS Bhayangkara Anton Soedjarwo Pontianak pulangkan pasien Covid-19 yang sembuh. (Antara)

PONTIANAK, iNews.id - Seorang pasien positif Covid-19 di Kalimantan Barat dinyatakan sembuh. Proses kesembuhan pria asal Kabupaten Kayong Utara ini memakan waktu yang lama, yakni tiga bulan dan melewati tes swab hingga 14 kali.

"Ini salah satu isolasi terlama karena tiga bulan. Alhamdulillah, pasien dapat bersabar dalam menjalani isolasi ini," ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kayong Utara Bambang Suberkah dihubungi, Jumat (19/6/2020).

Bambang menjelaskan, pria tersebut berinisial HY. Dia merupakan pasien yang masuk dalam klaster India. HY berasal dari Kecamatan Sukadana. Istri HY juga tertular Covid-19. Namun sang istri dinyatakan sembuh terlebih dahulu.

Pria yang juga Kepala Dinas Kesehatan di Kayong Utara ini menambahkan, Kayong Utara masih melakukan penanganan satu pasien positif Covid-19 di Kecamatan Seponti.

"Kita masih ada satu dari Kecamatan Seponti yang terkonfirmasi Covid-19 sudah menjalani isolasi 21 hari, dan hari ini akan dilakukan tes usap ulang," ujarnya

Kabupaten Kayong Utara termasuk wilayah yang minim penularan Covid-19. Pasien positif terjangkit Covid-19 di kabupaten ini berjumlah tiga orang. Dua orang sudah sembuh, yakni HY dan istri.

Sedangkan akumulasi pasien positif di Kalbar hingga Jumat (19/6/2020) mencapai 282 orang. 


Editor : Reza Yunanto